Frame

Situs Kuno Lereng Penanggungan

Minggu, 03 Februari 2013 - 00:00 WIB

Mentari pagi belum menampakkan sinarnya saat tim penjelajah situs langka yang tergabung dalam Komunitas Purbakala mendatangi kediaman juru pelihara Candi Jedong untuk meminta izin sekaligus mendampingi dalam penyisiran situs-situs kuno di lereng pegunungan Penanggungan, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Bermodalkan peta lama peninggalan arkeolog Belanda, mereka mulai menyisir lereng pegunungan yang terletak di perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto ini.

Medan berliku nan terjal seakan menjadi tantangan tersendiri sekaligus motivasi untuk mengobati rasa haus akan pengetahuan para anggota komunitas ini. Beratnya medan seolah langsung hilang saat satu-persatu situs dijumpai dalam perjalanan, Indahnya pemandangan alam dan pesona yang dipancarkan oleh pola ukiran di setiap situs menjadi penebus lelah yang setimpal.

Namun sangat disayangkan, puluhan situs peninggalan kerajaan Jawa kuno tersebut telah banyak yang rusak karena kurangnya perawatan atau akibat bencana alam seperti longsor atau badai. Belum lagi pencurian benda-benda arkeologi di lokasi ini yang menyebabkan peninggalan sejarah di lereng Penanggungan semakin berkurang.  Pendokumentasian ulang, mulai dari nama, bentuk, hingga lokasinya perlu dilakukan untuk menjadi pedoman di masa mendatang agar peninggalan ini dapat terus lestari.



(ziz)

views: 3489x
shadow