Kementan Pastikan Stok Daging di Jabodetabek Aman

Selasa, 11 Mei 2021 - 21:20 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok dan harga daging sapi aman menjelang lebaran Idul Fitri.
click to zoom
Mengingat permintaan daging sapi yang terus meningkat, Risfaheri meminta masyarakat untuk tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan daging sapi untuk pemenuhan kebutuhan lebaran.
click to zoom
Pembeli memilih daging sapi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (11/5/2021).
click to zoom
Pembeli memilih daging sapi di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (11/5/2021). Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok dan harga daging sapi aman menjelang lebaran Idul Fitri. "Saat ini Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus melakukan pemantauan terhadap kondisi di lapangan di antaranya dengan melakukan kunjungan langsung pada beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) dan Distributor di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya untuk melihat stok daging sapi yang ada saat ini," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri di Jakarta. Mengingat permintaan daging sapi yang terus meningkat, Risfaheri meminta masyarakat untuk tidak perlu merasa khawatir akan ketersediaan daging sapi untuk pemenuhan kebutuhan lebaran.

Pihaknya memastikan kondisi ketersediaan pasokan dan harga daging sapi aman. Selain itu, juga dilakukan pemantauan kondisi ketersediaan daging sapi ke RPH yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya seperti RPH di Jakarta, RPH Bogor, RPH Cibinong, RPH Jati Mulya-Bekasi, RPH Harapan Baru – Bekasi, RPH Bayur – Karawaci, UPT RPH Ciputat- Tangerang Selatan, RPH Ruminansia Ciroyom- Kota Bandung, dan UPT RPH Bandung Barat. Tercatat dari hasil pantauan ketersediaan daging sapi berada pada kondisi aman.

Harga daging sapi memang diramalkan akan terus mengalami pergerakan seiring naiknya permintaan dari masyarakat, namun kenaikan tersebut masih dalam batas yang wajar. Untuk di RPH Bayur-Karawaci misalnya, pada hari biasa rerata jumlah sapi yang dipotong per hari sebanyak 35 ekor namun mendekati lebaran diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 7-8 kali lipat atau sekitar 250 ekor sapi akan dipotong untuk memenuhi permintaan konsumen.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More