Tradisi Lomba Layang Layang Tradisional Seusai Panen

Senin, 24 Mei 2021 - 07:25 WIB
Sejumlah anak-anak bersiap melepaskan layang-layang peserta lomba di areal ladang persawahan yang sudah mengering seusai panen di Kampung Sidang Tangah, Kecamatan Matur Mudik, kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lomba layang-layang ini merupakan tradisi turun temurun yang di gelar setelah musim panen.
click to zoom
Seorang anak memperlihatkan kupon yang baru dibeli untuk mengikuti lomba layang-layang tradisioal.
click to zoom
Pendaftaran peserta lomba layang-layang tradisional.
click to zoom
Tradisi bermain layang-layang yang dilakukan oleh warga kampung setempat dari berbagai usia tersebut dilakukan diladang sawah yang sudah kering setelah musim panen padi.
click to zoom
Peserta lomba mempersiapkan layang-layang andalannya sebelum mengikuti lomba.
click to zoom
Sejumlah peserta berlomba menaikan layang-layang untuk menjadi pemenang di areal persawahan.
click to zoom
Sorang juri menyaksikan layang-layang peserta lomba dari kejauhan.
click to zoom
Saat musim panen padi tiba, saat itulah waktu yang tepat dan ditunggu-tunggu bagi warga Kampung Sidang Tangah, Kecamatan Matur Mudik, Kabupaten Agam, Sumatera Barat untuk bermain layang-layang. Tradisi bermain layang-layang yang dilakukan oleh warga kampung setempat dari berbagai usia tersebut dilakukan diladang sawah yang sudah kering setelah musim panen padi.

Tradisi bermain layang-layang ini merupakan tradisi terun temurun yang selalu dimainkkan bersama-sama diladang sawah yang sudah mengering atau habis masa panen. Layang-layang berbentuk burung berukuran 30x40cm ini dimainkan umumnya oleh orang dewasa dan anak-anak membantu untuk melepaskan layangan tersebut.

Pemenang permainan layang-layang ini dipilih berdasarkan tinggi layang-layang ketika berada diudara. Penjurian dilakukan oleh satu orang yang berada di tempat terpisah jauh dari peserta. Cukup membingungkan jika melihat bagaimana cara menilai dalam tinggi diudara, masing-masing layang-layang memiliki kode atau simbol pada tampilannya. Para peserta akan menerima apapun keputusan juri, tidak ada kekecewaan ataupun pertikaian diantara peserta setelah perlombaan selesai.

Foto dan Nasakh: KORAN SINDO/YORRI FARLI
(bon)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More