Indah Kurnia Dorong UMKM Gunakan QRIS Sebagai Alat Transaksi

Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:12 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, menyampaikan materi ketika menjadi pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai yang digelar secara virtual, di Surabaya, Jawa Timur,
click to zoom
Indah Kurnia mendorong semua UMKM agar segera memanfaatkan QRIS sebagai alat transaksi. Sebab QRIS sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan.
click to zoom
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, menyampaikan materi ketika menjadi pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai yang digelar secara virtual, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (05/8/2021).
click to zoom
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, menyampaikan materi ketika menjadi pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai yang digelar secara virtual, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (05/8/2021). Indah Kurnia mendorong semua UMKM agar segera memanfaatkan QRIS sebagai alat transaksi. Sebab QRIS sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan.

Acara yang digelar oleh Yayasan Indonesia Wani Kreatif bersama Tim Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Bank Indonesia ini diikuti oleh para pelaku UMKM serta kelompok Millenial dari Surabaya dan Sidoarjo.

Kepala Kantor perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jawa Timur Purnatugas, Difi Ahmad Johansyah, Kepala KPw BI Jatim yang baru, Budi Hanoto serta semua jajaran Pimpinan BI Jatim, juga turut menyemarakkan gelaran sosialisasi.

Asisten Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Rolly Satrio Nugroho, menjelaskan salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah para pelaku UMKM bisa mendapatkan portofolio dari setiap transaksi tanpa perlu mecatatkannya secara manual. Hal ini penting bagi UMKM yang berkeinginan untuk mengakses permodalan ke Bank.

Untuk menggunakan QRIS para pelaku UMKM tidak memerlukan dukungan perangkat Smartphone dengan spesifikasi tinggi, sebab QRIS bukanlah sebuah aplikasi melainkan sebuah kanal pembayaran berbentuk barcode yang menyatukan semua platform pembayaran digital.

Saat ini di Jawa Timur sudah terdapat sebanyak 958 ribu merchant dari target 1,45 jt merchant di tahun 2021.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More