Kreatif, Komunitas Ini Sulap Kardus Bekas Jadi Wayang Bermakna

Kamis, 09 September 2021 - 05:24 WIB
Pelukis legendaris Yayak Yatmaka mengamati anggota komunitas Serikat Mural Surabaya (SMS) ketika praktek membuat wayang berbahan kardus bekas, di Surabaya, Jawa Timur.
click to zoom
Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan berbagai komunitas mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan, serta anak-anak dari beberapa kota tersebut bertujuan untuk mengajak kaum muda agar tetap berkarya dan tetap kreatif meski dalam kondisi terbatas.
click to zoom
Wayang-wayang cantik bermuatan kritik sosial ini dipajang pada dinding warkop Mbah Cokro sebagai media literasi bagi warga yang mampir.
click to zoom
Selain itu, wayang kardus nantinya juga akan dibawa ke Jerman untuk dijadikan satu di antara materi pameran yang diikuti sejumlah negara lain di dunia.
click to zoom
Seniman Taring Padi, Yayak Yatmaka, mengatakan wayang kardus adalah satu di antara pilihan medium untuk mengungkapkan ide, pendapat, kritik, sikap yang murah sekaligus praktis.
click to zoom
Pelukis legendaris Yayak Yatmaka mengamati anggota komunitas Serikat Mural Surabaya (SMS) ketika praktek membuat wayang berbahan kardus bekas, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (08/9/2021).
click to zoom
Pelukis legendaris Yayak Yatmaka mengamati anggota komunitas Serikat Mural Surabaya (SMS) ketika praktek membuat wayang berbahan kardus bekas, di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (08/9/2021). Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan berbagai komunitas mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan, serta anak-anak dari beberapa kota tersebut bertujuan untuk mengajak kaum muda agar tetap berkarya dan tetap kreatif meski dalam kondisi terbatas.

Wayang-wayang cantik bermuatan kritik sosial ini dipajang pada dinding warkop Mbah Cokro sebagai media literasi bagi warga yang mampir. Selain itu, wayang kardus nantinya juga akan dibawa ke Jerman untuk dijadikan satu di antara materi pameran yang diikuti sejumlah negara lain di dunia.

Seniman Taring Padi, Yayak Yatmaka, mengatakan wayang kardus adalah satu di antara pilihan medium untuk mengungkapkan ide, pendapat, kritik, sikap yang murah sekaligus praktis. Wayang kardus sendiri merupakan bentuk praktik artistik komunitas Taring Padi yang awalnya kerap digunakan sebagai sarana pesan interaktif di era 1990-an. Dalam demonstrasi jalanan dan aksi-aksi publik lainnya, wayang kardus adalah medium menyuarakan protes, aspirasi, dan menghidupkan suasana.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More