Meriah, Arab Saudi Gelar Perayaan The Founding Day untuk Pertama Kali

Rabu, 23 Februari 2022 - 18:26 WIB
Warga antusias menyaksikan perayaan The Founding Day
click to zoom
Anak-anak antusias menyaksikan perayaan The Founding Day
click to zoom
Warga mengibarkan bendera Arab Saudi saat menyaksikan perayaan The Founding Day
click to zoom
Warga antusias menyaksikan perayaan The Founding Day
click to zoom
Pengisi acara tampil memeriahkan parade perayaan Hari Pendirian Kerajaan di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (22/2)
click to zoom
Arab Saudi menggelar peringatan The Founding Day atau Hari Pendirian Kerajaan untuk pertamakalinya yang dihelat dengan serangkaian perayaan tradisional bercampur modern yang memukau warga, penduduk, hingga tamu Kerajaan. Perayaan tersebut digelar untuk memperingati berdirinya kerajaan hampir 300 tahun yang lalu.

Dari pantauan MNC Portal Indonesia (MPI), puncak perayaan dimeriahkan pertunjukan tentang sejarah modern Saudi dan dipusatkan di Museum Nasional Arab Saudi, Riyadh. Dalam pameran tersebut ditampilkan bagaimana awal mula terbentuknya Kerajaan Saudi dalam bentuk diorama dan berbagai kebudayaan dari tiga abad. Di antaranya, sejarah masyarakat Saudi yang nomaden atau berpindah-pindah, pakaian masyarakat Saudi dari masa ke masa, makanan tradisional dan berbagai bentuk perubahan kebudayaan di Saudi.

Hari Pendirian Kerajaan ditetapkan melalui dekrit kerajaan bulan lalu yang menyatakan 22 Februari sebagai hari libur resmi untuk diperingati setiap tahun sebagai pengakuan atas dimulainya pemerintahan Imam Muhammad bin Saud dan menandai dimulainya negara Saudi pertama. Peringatan tersebut menandai peristiwa pada tahun 1727 saat Mohammed bin Saud, pendiri negara Saudi pertama, mengambil alih emirat Diriyah - sebuah kota terpencil yang sekarang terletak di tepi barat laut ibukota Saudi, Riyadh.

FOTO : REUTERS/Ahmed Yosri
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More