Antrean Kendaraan Pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang H-8 Lebaran

Senin, 25 April 2022 - 13:20 WIB
Suasana antrean kendaraan di gerbang pintu tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/4/2022).
click to zoom
Suasana antrean kendaraan di gerbang pintu tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/4/2022).
click to zoom
Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang menjadi salah satu titik perhatian sebagai jalur masuk utama pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah.
click to zoom
Suasana antrean kendaraan di gerbang pintu tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/4/2022). Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang menjadi salah satu titik perhatian sebagai jalur masuk utama pemudik yang akan masuk ke Jawa Tengah.

PT Jasamarga Semarang Batang sebagai pengelola ruas Tol Semarang-Batang memastikan gerbang Tol Kalikangkung di Semarang siap menghadapi lonjakan pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang, Prajudi mengatakan, akan terjadi lonjakan kendaraan yang akan masuk ke Jawa Tengah setelah dua tahun terakhir tidak ada lonjakan pemudik akibat pandemi.

"Kalikangkung merupakan titik yang akan menjadi perhatian karena ada potensi antrean panjang," katanya. Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik tersebut, pemerintah telah menyiapkan skenario pemberlakuan arus satu arah atau one way dari barat yang akan masuk ke Semarang serta aturan ganjil genap pelat nomor kendaraan yang diizinkan melintas di jalan tol.

Pemberlakuan arus kendaraan satu arah serta ganjil genap saat arus mudik rencananya dimulai pada 28 April hingga 1 Mei 2022. Sedangkan untuk arus balik pemberlakuan mulai 6 hingga 9 Mei 2022.

Dia juga memperkirakan puncak arus mudik Lebaran di gerbang Tol Kalikangkung terjadi pada 28 dan 29 April 2022. "Sekitar 60.000 kendaraan per hari diperkirakan melintas pada tanggal tersebut," katanya.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More