Potret Laboratorium Sekolah Berbasis Alam Kebon Dalem Semarang

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:54 WIB
Foto udara Laboratorium Sekolah Berbasis Alam Kebon Dalem di kawasan Durenan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (15/6/2022).
click to zoom
Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (berkerudung putih) menanam pohon dilanjutkan dengan pemotongan pita menandai Soft Opening Laboratorium Sekolah Berbasis Alam Kebon Dalem di kawasan Durenan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (15/6/2022).
click to zoom
Dalam kegiatan soft launching juga dilakukan pemberkatan yang dihadiri Rm FX Sugiyana, Pimpinan Kongregasi Suster PI, Lydia & Sr. Klarista, Ketua Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia, Suster Cendrayani Tan, Penanggungjawab YPII kantor cabang Semarang, Suster Teresa Nani Agustina serta beberapa pemangku kepentingan terkait.
click to zoom
Saat ini laboratorium alam Kebon Dalem di bawah naungan Yayasan Penyelenggara Ilahi Indonesia (YPII) sedang dalam proses penyelesaian pembangunan infrastruktur dan penambahan peserta didik baru.
click to zoom
Laboratorium alam Kebon Dalem menempati lahan seluas 5,245 m2.
click to zoom
Lahan yang tadinya berupa ladang dan kebun telah disulap menjadi sarana belajar dan bereksplorasi bagi para siswa.
click to zoom
Fasilitas seperti ruang kelas terbuka, taman pintar, sawah mini, green house serta laboratorium penelitian alam telah tersedia di sana.
click to zoom
Laboratorium ini akan menjadi tempat praktik bagi siswa siswi Kebon Dalem mulai dari tingkat PAUD hingga SMA.
click to zoom
Tahap selanjutnya akan dilakukan pengembangan fasilitas sarana pendidikan seperti perpustakaan dan beberapa ruang kelas serta hutan mini, hingga pengembangan kurikulum untuk menarik minat calon murid yang telah berjalan dengan berbagai pelatihan guru untuk dapat memaksimalkan pengajaran berbasis alam dan lingkungan
click to zoom
Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (berkerudung putih) menanam pohon dilanjutkan dengan pemotongan pita menandai Soft Opening Laboratorium Sekolah Berbasis Alam Kebon Dalem di kawasan Durenan, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (15/6/2022). Dalam kegiatan soft launching juga dilakukan pemberkatan yang dihadiri Rm FX Sugiyana, Pimpinan Kongregasi Suster PI, Lydia & Sr. Klarista, Ketua Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia, Suster Cendrayani Tan, Penanggungjawab YPII kantor cabang Semarang, Suster Teresa Nani Agustina serta beberapa pemangku kepentingan terkait.

Saat ini laboratorium alam Kebon Dalem di bawah naungan Yayasan Penyelenggara Ilahi Indonesia (YPII) sedang dalam proses penyelesaian pembangunan infrastruktur dan penambahan peserta didik baru. Laboratorium alam Kebon Dalem menempati lahan seluas 5,245 m2. Lahan yang tadinya berupa ladang dan kebun telah disulap menjadi sarana belajar dan bereksplorasi bagi para siswa. Fasilitas seperti ruang kelas terbuka, taman pintar, sawah mini, green house serta laboratorium penelitian alam telah tersedia di sana.

Laboratorium ini akan menjadi tempat praktik bagi siswa siswi Kebon Dalem mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. Tahap selanjutnya akan dilakukan pengembangan fasilitas sarana pendidikan seperti perpustakaan dan beberapa ruang kelas serta hutan mini, hingga pengembangan kurikulum untuk menarik minat calon murid yang telah berjalan dengan berbagai pelatihan guru untuk dapat memaksimalkan pengajaran berbasis alam dan lingkungan.

Tempat ini menawarkan suasana belajar di alam terbuka. Para siswa memanfaatkan segala potensi yang disediakan oleh alam. Mereka menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Konsep belajar yang didapat langsung dari alam membuat anak tidak cepat bosan dan lebih kreatif. Makna kehidupan diajarkan melalui pengenalan lingkungan dan klasifikasi fauna seperti berbagai jenis burung, kalkun, bebek, ayam hutan, kelinci, kura-kura, bermacam ikan air tawar dan flora seperti berbagai jenis pohon kayu keras dan hias, umbi-umbian dan padi serta berbagai tanaman langka.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More