CSR Pertamina Bantu UMKM Coffee Shop dengan Biogas dan Sollar Panel Pertama di Indonesia

Rabu, 02 November 2022 - 21:02 WIB
Pengunjung menikmati kopi di Danau Cinta Eco Resort atau @dacicofee di tepi danau Cinta, jalan Gono Tirtowidjojo, Kutapohaci, Ciampel, Karawang, Jawa Barat, Rabu (2/11/2022).
click to zoom
Bangunan Coffee shop Danau Cinta Eco Resort yang didirikan Pertamina
click to zoom
Kompor yang menggunakan Biomasa Biogas dari pemanfaatan sampah Encek Gondok
click to zoom
Api biru kompor dari Biomasa Biogas dari pemanfaatan sampah Encek Gondok
click to zoom
Abdulrahman bersama perwakilan dari Pertaminarjbb melayani konsumen di Coffee Shop
click to zoom
Proses pengambilan sampah encek gondok untuk diolah menjadi biogas
click to zoom
Proses dari pengancuran atau peleburan encek gondok
click to zoom
Proses selanjutnya hasil dari peleburan encek gondok dimasukan ke bak penampungan
click to zoom
Proses penggorenga makanan dengan menggunakan biogas dari pemanfaatn encek gondok
click to zoom
Abdulrahman saat membersihkan sampah dari Sollar Panel yang terpasang di atap bangunan Coffee Shop
click to zoom
Abdulrahman saat membersihkan sampah dari Sollar Panel yang terpasang di atap bangunan Coffee Shop
click to zoom
Bak penampungan pembuatan biogas dari sampah encek gondok
click to zoom
Bak penampungan pembuatan biogas dari sampah encek gondok
click to zoom
Alat pengantur Sollar Panel atau Panel Surya yang terpasang
click to zoom
Alat pengantur Sollar Panel atau Panel Surya yang terpasang
click to zoom
Berawal dari tongkrongan sambil ngopi, Enjang Ramdani (Ubed) terbesit ide dan mangajak temannya Muhammad Rizki yang keduanya merupakan ketua dan sekretaris Yayasan Pesona Kreatif Walahar. Muncul ide awal membuat Coffee Shop dengan tema wisata.

Coffee Shop dengan nama @dacicofee_ ini terbentuk sejak awal pandemi Covid19 dengan hanya dua personil, hingga mengajak beberapa temannya yang masih menganggur akibat pandemi Covid19 yang saat itu sangat dirasakan pemuda dikawasan tersebut. Ubed pun mengajak beberapa temannya yaitu Tomy Rizkiansyah, Geri Sugianto dan Abdulrahman.

Danau Cinta Eco Resort atau @dacifofee_ Cafe ini terbentuk dengan mengusung konsep Eco Eduwisata sesuai konsep awal yang direncakana bersama. Sambil berjalan sejak berdiri 2021 hingga kini, Cafe ini terus berinovasi dan akan membuat playground atau minizoo untuk pengunjung saat menikmati suasana danau cinta saat senja hingga malam hari di Karawang bersama keluarga.

Pertamina memberikan sarana bantuan UMKM berupa bangunan Coffee shop, peralatan kopi dan fasillitas penunjang lainnya berupa Sollar Panel dan Biomasa Biogas yang menjadi bagian kegiatan Energizing Walahar Community yang juga pengembangkan pemanfaatan sampah eceng gondok menjadi energi alternatif biomassa yang menghasilkan biogas. Energi listrik dari PLTS berkapasitas 2,2 kWp dari Pertamina dan pemanfaatan sampah encek gondok menjadi biogas ini dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik operasional Coffee Shop Danau Cinta Eco Resort yang terdiri workshop, gallery, UMKM, coffee & resto.

Pemanfaatan Sollar Cell dan Biomasa Biogas ini juga menjadi bagian terpenting yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi pengunjung seperti anak-anak sekolah maupun Mahasiswa untuk belajar mengetahui cara kerja Sollar Panel dan Biogas sebagai bagian dari energi baru terbarukan atau energi bersih.

Pesona Kreatif Walahar didirikan dengan tujuan memberdayakan pemuda dan pengembangan potensi anak-anak muda Walahar yang memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan desanya baik itu di sektor usaha seperti UMKM, Workshop maupun mengembangkan wisata.

Dengan soft launching @dacicofee_ tersebut ubed mengungkapkan bahwa suksesnya pembangunan dan pemberdayaan di kawasan danau cinta ini tak lepas dari bimbingan dan support dari pemerintahan Desa Walahar yang terus ingin desanya menjadi maju dan menjadi daya tarik wisata, sentra oleh-oleh bagi turis domestik maupun mancanegara.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More