Didampingi Dua Srikandi RI, Jokowi Buka KTT G20 di Bali

Selasa, 15 November 2022 - 11:20 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Keuangan Srimulyani (kanan) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Apurva, Bali, 15 November 2022.
click to zoom
Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dimana keduanya merupakan Dua Srikandi Indonesia yang menjadi kunci diplomasi suksesnya keketuaan Indonesia di G20 meski dipengaruhi krisis di Ukraina .
click to zoom
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Keuangan Srimulyani (kanan) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Apurva, Bali, 15 November 2022. Forum dibuka sesaat usai Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di ruang konferensi.

Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dimana keduanya merupakan 'Dua Srikandi Indonesia' yang menjadi kunci dalam diplomasi suksesnya keketuaan Indonesia di G20 meski dipengaruhi krisis di Ukraina .

Jokowi menuturkan tengah menghadapi tantangan yang luar biasa. Krisis demi krisis, kata dia, terjadi. Pandemi Covid-19 yang belum usai disusul oleh ketegangan politik global karena perang Rusia dan Ukraina.

Kondisi ini menyebabkan munculnya dampak berbagai krisis terhadap ketahan pangan, energi, keuangan. Imbasnya sangat diraskan terutama oleh negara berkembang.

Pertemuan KTT G20 berlangsung secara tertutup. Presidensi G20 hari ini akan membahas upaya pemulihan ekonomi dengan fokus prioritas pada isu transformasi digital, transisi energi, dan arsitektur kesehatan global.

Foto Setpres/Agus Suparto
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More