Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Embung Bansari Temanggung Genjot Perbaikan Infrastruktur

Jum'at, 18 November 2022 - 08:11 WIB
Aktivitas sejumlah pekerja dalam mengerjakan sarana infrastruktur di kawasan Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (17/11/2022).
click to zoom
Aktivitas sejumlah pekerja dalam mengerjakan sarana infrastruktur di kawasan Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (17/11/2022).
click to zoom
Embung Bansari Temanggung merupakan kolam penampungan air hujan yang berada di ketinggian 1.300 Mdpl.
click to zoom
Selain berfungsi sebagai tempat untuk mengairi sawah dan kebun milik warga, Embung Bansari dibuka untuk umum bagi pengunjung maupun wisatawan.
click to zoom
Embung Bansari memiliki pesona alam yang cantik. Dari lokasi embung, wisatawan bisa melihat beberapa gunung, di antaranya Gunung Sindoro, Merbabu, Merapi, Prau, Ungaran hingga Muria.
click to zoom
Meski tergolong tempat wisata baru di Temanggung, tempat ini sudah memiliki beberapa sarana prasarana yang cukup lengkap, diantaranya tempat parkir, mushola, warung makan, toilet, pelet.
click to zoom
Embung Bansari bagian dari Gerakan Seribu Embung yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
click to zoom
Aktivitas sejumlah pekerja dalam mengerjakan sarana infrastruktur di kawasan Embung Bansari, Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (17/11/2022). Embung Bansari Temanggung merupakan kolam penampungan air hujan yang berada di ketinggian 1.300 Mdpl. Selain berfungsi sebagai tempat untuk mengairi sawah dan kebun milik warga, Embung Bansari dibuka untuk umum bagi pengunjung maupun wisatawan.

Embung Bansari memiliki pesona alam yang cantik. Dari lokasi embung, wisatawan bisa melihat beberapa gunung, di antaranya Gunung Sindoro, Merbabu, Merapi, Prau, Ungaran hingga Muria. Meski tergolong tempat wisata baru di Temanggung, tempat ini sudah memiliki beberapa sarana prasarana yang cukup lengkap, diantaranya tempat parkir, mushola, warung makan, toilet, pelet.

Embung Bansari bagian dari Gerakan Seribu Embung yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Saat ini, sebanyak 1.135 embung telah dibangun di Jawa Tengah dan akan terus ditambah. Ganjar mengatakan keberadaan embung besar manfaatnya untuk masyarakat, lantaran Jawa Tengah kerap dilanda bencana kekeringan saat musim kemarau, dan banjir saat musim hujan. Air yang ditampung dalam embung dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah saat musim kemarau, dan menyediakan sumber air baku untuk warga. Apalagi, sebagai salah satu lumbung pangan di tanah air, Jawa Tengah harus menjaga produktivitas pertaniannya. Sementara, saat musim hujan, embung berfungsi sebagai penampung air dan pengendali banjir.

FOTO: Sindo/Ahmad Antoni
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More