Galerimu : Peningkatan Potensi Diri Melalui Kegiatan PKL

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:10 WIB
Mahasiswa prodi Pariwisata melakukan kegiatan Peraktik Kerja Lapangan di Dieng, Wonosobo
click to zoom
Mahasiswa prodi Pariwisata melakukan kegiatan Peraktik Kerja Lapangan di Dieng, Wonosobo
click to zoom
Mahasiswa sedang melakukan snorkling guna observasi potensial laut di Karimunjawa
click to zoom
Pada tanggal 3 Juli 2022, Praktik Kuliah Lapangan dilaksanakan kembali kedua kalinya untuk angkatan 2020 dan pertama kali dilaksanakan untuk angkatan 2021,PKL kali ini berbeda dengan PKL sebelumnya yang mana PKL sebelumnya dengan rute Yogyakarta-Semarang-Sarangan,PKL kedua ini dilaksanakan di Karimunjawa-Dieng.

Di Karimunjawa kita juga mengunjungi berbagai objek wisata seperti bukit love di hari pertama,snorkeling dan mengunjungi pantai tanjung gelam disertai makan hidangan seafood bakar dengan ciri khas daerah Karimunjawa ikan kakak tua.Disamping kita mengunjungi berbagai destinasi tersebut tidak lupa disertai dengan berbagai penugasan individu maupun dari dosen seperti observasi,wawancara serta melatih public speaking dengan pembuatan vlog dan TV show dengan berbahasa inggris.

Selain penugasan di berbagai destinasi tersebut,ada juga penugasan yang dilakukan di dalam bus yakni praktik menjadi seorang tour guide dengan berbahasa inggris. Di Karimunjawa kita juga mengunjungi balai desa Karimun yang disambut baik oleh Kepala desa disana,Bapak Arif namanya. Disana kita mendengarkan sambutan baik oleh beliau dan disertai dengan Question and Answer terkait dengan pariwisata di Karimunjawa seperti lingkungan di Karimunjawa,pengelolaan sampah sampai adanya berbagai paguyuban disana antara lain Trans karimun (paguyuban taxi),Karimun asri (Paguyuban homestay),Sapta pesona (paguyuban kapal).

Beralih ke Dieng,setelah kita mengeksplor Karimunjawa dengan keindahan lautnya,kali ini kita menginjak daerah yang terkenal dengan hawanya yang dingin.Di Dieng,kita disambut dengan beberapa Tour Guide lokal disana dengan menaiki shuttle ke penginapan/homestay. Pukul 05.00 kita mulai berkunjung ke destinasi pertama kita di Dieng yaitu Bukit Angkruk,lalu dilanjutkan dengan makan pagi dan dilanjutkan lagi mengunjungi beberapa destinasi wisata disana seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Disana kita banyak belajar dan terus melakukan observasi dan penugasan lapangan. Harapan yang didapatkan di PKL tahun ini adalah dapat belajar dan menyiapkan diri dengan melatih public speaking,observasi dengan tujuan paham dengan suatu destinasi wisata yang nantinya mampu untuk menyiapkan diri di dunia kerja.

Writer : Ade Dwi Queen Athena

Tim : Ashilla Maharani,Angger Resi Wicaksana
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More