Layanan Kesehatan di Gugusan Pulau Kecil

Minggu, 07 Mei 2023 - 06:54 WIB
ibu hamil memeriksakan kehamilan dengan alat ultrasonografi (USG) di Puskesmas Pulau Kodingareng, Makassar, (5/5/2023)
click to zoom
Beberapa penumpang kapal tengah membaca selembaran sosialisasi layanan BPJS Kesehatan. Terdapat 4340 warga Pulau Kodingareng yang terdaftar sebagai pesert JKN Kis,
click to zoom
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju rumah warga yang sakit, layanan home care 112 sering dimanfaatkan warga yang sakit namun tak bisa ke puskesmas karena terkendala sesuatu hal.
click to zoom
Petugas kesehatan mengecek kesehatan warga di rumahnya
click to zoom
Pemeriksaan balita yang sakit demam
click to zoom
Pemberian obat kepada pasien
click to zoom
Warga berkonsultasi pada tenaga kesehatan, penyakit yang sering dialami warga pulau khususnya usia paru baya dan lansia adalah hipertensi, demam miyalgia (sakit badan pegal)
click to zoom
Nelayan merupakan profesi sebgaian besar warga pulau, resiko terkena angin malam menjadi penyebab utama gangguan kesehatan pada warga
click to zoom
Merujuk pasien ke rumah sakit di Kota Makassar menggunakan perahu warga dengan ditemani tenaga kesehatan.
click to zoom
Pasien dibawa menggunakan perahu nelayan untuk pengobatan lebih lanjut di pusat kota Makassar, (6/5/2023)terkadang Pasien dirujuk ke rumah sakit menggunakan perahu nelayan karena keterbatasan alat medis dan obat obatan.
click to zoom
Setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan ada lingkup nasional, tak kecuali bagi warga Pulau Kodingareng. adalah sebuah pulau kecil yang berada di gugusan Kepulauan Spermonde, perairan Selat Makassar.

di pulau ini terdapat satu Puskesmas yang melayani warga dengan jumlah tenaga kesehatan 23 orang terdiri dari 2 dokter umum dan 1 dokter gigi serta perawat dan stafnya 20 orang.

Selain melakukan layanan ksesahatan dalam gedung, Puskesmas Kodingareng juga melayani warga dengan cara kunjungan langsung ke warga atau lebih dikenal dengan istilah “homecare”. warga yang tak bisa ke puskesmas karena sesuatu dapat menghubungi layanan call center 112.

terkadang menghadapi situasi gawat pasien yang terpaksa harus dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih lengkap, pihak puskesmas harus menggunakan perahu warga untuk membawa pasien ke Kota Makassar dengan menempuh lautan selama 1 jam.

pihak puskesmas berharap adanya kapal khusus yang layak dan aman untuk membawa pasien rujukan yang ke kota.

terdapat 4340 warga pulau kodingareng yang telah terdaftar sebagai peserta JKN Kis. Pemkot Makassar telah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC). satu syarat UHC ialah kepesertaan BPJS-nya lebih atau sama dengan 95 persen.

Dalam catatannya, cakupan UHC Kota Makassar pada 2020 tercatat mencapai angka 94,57 persen yang mana terdapat 1.404.354 peserta dengan total penduduk 1.484.912 jiwa.

berikut foto -foto pelayanan kesehatan warga pulau
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More