Lukis Bakar Rumah Oenik Tembus Hingga Jepang

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 21:09 WIB
Pirografi adalah seni dekorasi dari kayu atau bahan lain dengan cara membuat gambar dari hasil pembakaran.
click to zoom
Karya seni limbah kayu dan kulit yang tidak terpakai dirubah menjadi karya seni bernilai tinggi dijual dengan harga Rp.300 ribu hingga Rp.25 juta tergantung besar dan tingkat kerumitan
click to zoom
Di Eropa, penggunaan teknik pirografi berkembang di Rumania dan Hongaria, sedangkan di Amerika Selatan berkembang di Argentina.
click to zoom
Di Indonesia seni lukis bakar di atas media kulit hasil karya Arfan Hidayat merupakan pertama didunia. Karyanya telah tembus hingga Negara Jepang
click to zoom
Dimasa pandemi Covid-19 ini, rumah oenik memberikan kursus secara Online dan penjualan karya seni tersebut dengan memanfaatkan sosial media.
click to zoom
Dalam bahasa Yunani, Pyrography berarti menulis dengan api. Sebenarnya masyarakat sudah mulai menggambar sejak zaman pra-sejarah, sebagai cara bercerita dan berkomunikasi.
click to zoom
Arfan Hidayat (kiri) bersama keluarga saat menyelesaikan karya seni lukis bakar di atas media kayu dan kulit di Galeri Rumah Oenik, Kampung Ragamukti, Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020). Karya seni limbah kayu dan kulit yang tidak terpakai dirubah menjadi karya seni bernilai tinggi dijual dengan harga Rp.300 ribu hingga Rp.25 juta tergantung besar dan tingkat kerumitan, dan dipasarkan ke Kota Besar di Indonesia serta pasar Amerika dan Asia.
(lan)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More