Api Kebakaran Meluas, Penduduk Tenerife Spanyol Tinggalkan Rumah

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 10:35 WIB
Warga menaikkan barang mereka ke atas truk saat bersiap meninggalkan rumah di Kota Aguamansa, Tenerife
click to zoom
Eduardo Khoury, 46, bersama kedua anjingnya bersiap meninggalkan rumah saat api membakar hutan di La Esperanza, Tenerife
click to zoom
Api membakar hutan di Tenerife
click to zoom
Api membakar hutan di Tenerife
click to zoom
AGUAMANSA - Lebih dari 3.000 warga terpaksa mengungsi dari kediaman mereka akibat kebakaran hutan yang semakin meluas di Tenerife, Spanyol, Kamis (17/9/2023). Api membakar kawasan taman nasional pegunungan di pulau Tenerife di tengah gelombang cuaca panas dan meluas hingga seluas 41 kilometer.

"Api masih berlanjut... tapi prioritasnya adalah mempertahankan pusat populasi malam ini," kata pemimpin kawasan itu, Fernando Clavijo, dalam konferensi pers menjelang tengah malam.

Sebelumnya dia mengatakan kebakaran hutan ini merupakan hal paling kompleks yang dihadapi Kepulauan Canary dalam 40 tahun terakhir.

Pada Kamis (17/8) pagi, pesawat pengebom air berhasil menstabilkan kobaran api di selatan gunung berapi Gunung Teide - puncak tertinggi Spanyol - kobaran api "di luar kendali" di sisi utara melintasi hutan kering menuju lembah tempat beberapa lokasi berkemah berada, menyelimuti sebagian besar pulau dengan asap dan abu.

Gelombang panas minggu lalu di Kepulauan Canary membuat banyak daerah kering, meningkatkan risiko kebakaran hutan. Pihak berwenang memperingatkan penyebaran kobaran api dapat menyebabkan evakuasi dan pengurungan lebih lanjut, menyarankan orang untuk tetap mengikuti peringatan layanan publik. Sejauh ini, 3.820 orang diperintahkan untuk tinggal di rumah sampai besok, kata kepala perlindungan sipil Montse Roman.

FOTO : REUTERS/Borja Suarez
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More