Kerap Dilanda Kekeringan, PTPN XII Bangun Sumur Bor di Malang Selatan

Rabu, 23 Agustus 2023 - 23:16 WIB
Manajer Kebun Pancursari, Wibi Rikananto, S.P. (kiri) berbincang dengan Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, ketika meresmikan bantuan sumur bor di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023).
click to zoom
PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII membagun sumur bor di sekitar Kebun Pancusari, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
click to zoom
Bantuan sumur bor ini merupakan progam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTPN XII Kebun Pancursari untuk meringankan beban masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Tegalrejo.
click to zoom
Manajer Kebun Pancursari, Wibi Rikananto, S.P. (kiri) berbincang dengan Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, ketika meresmikan bantuan sumur bor di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023). PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII membagun sumur bor di sekitar Kebun Pancusari, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bantuan sumur bor ini merupakan progam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PTPN XII Kebun Pancursari untuk meringankan beban masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Tegalrejo.

Daerah itu dipilih karena saat musim kemarau tiba, warga Desa Tegalrejo mengalami kesulitan sumber air bersih untuk mandi dan keperluan rumah tangga. Sehingga, pemberian bantuan sumur bor ini menjadi solusi di tengah kekeringan saat musim kemarau.

Sebelumnya pihak PTPN XII sudah melakukan survei untuk menentukan titik pemberian bantuan sumur bor tersebut. Yakni dua titik di wilayah Afdeling Sumbermanggis, bagi warga sekitar Dusun Bumiasri, Desa Tegalrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang.

Titik satu terdapat sekitar 500 orang warga sekitar yang akan memanfaatkan sumur bor tersebut. Kemudian, di titik dua akan dimanfaatkan untuk sekitar 250 warga sekitar perkebunan.

Selain untuk mengaliri rumah-rumah warga, sumur bor dan pompa air berkapasitas 2000 liter per jam tersebut juga ditampung di dalam toren yang dapat dipergunakan masyarakat untuk kebutuhan air bersih.

Foto/Ali Masduki
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More