Bawa Poster Godzilla, Demonstran Protes Pembuangan Air Reaktor Nuklir Fukushima

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:05 WIB
Demonstran membawa poster Godzilla dalam unjuk rasa memprotes rencana pembuangan limbah reaktor nuklir Fukushima Daiichi
click to zoom
Demonstran berunjuk rasa memprotes rencana pembuangan limbah reaktor nuklir Fukushima Daiichi di depan Tokyo, Jepang, Kamis (24/8/2023)
click to zoom
Demonstran membawa mainan berbentuk ikan saat unjuk rasa menentang rencana pembuangan air limbah PLTN Fukushima di Seoul, Korea Selatan, Kamis (24/8)
click to zoom
Demonstran membawa poster bergambar PM Jepang Fumio Kishida saat unjuk rasa memprotes pembuangan limbah reaktor nuklir Fukushima di Hong Kong
click to zoom
PLTN Fukushima Daiichi yang lumpuh setelah dihantam tsunami, Kamis (24/8)
click to zoom
TOKYO - Demonstran membawa poster bergambarkan karakter fiksi Godzilla dalam unjuk rasa memprotes rencana pembuangan limbah reaktor nuklir Fukushima Daiichi di depan Kantor Tokyo Electric Power Company (TEPCO) di Tokyo, Jepang, Kamis (24/8/2023). TEPCO merupakan operator yang ditunjuk pemerintah Jepang dalam rencana pembuangan limbah reaktor nuklir tersebut ke laut.

Rencana pembuangan air limbah reaktor Fukushima meresahkan negara-negara lain di kawasan tersebut. Kelompok nelayan Jepang, yang mengalami kerusakan reputasi selama bertahun-tahun akibat ketakutan radiasi setelah pabrik tersebut hancur akibat tsunami, telah lama menentang rencana tersebut. Mereka khawatir hal ini akan mengakibatkan hilangnya penjualan, termasuk akibat pembatasan ekspor ke pasar-pasar utama.

Hong Kong dan Makau – keduanya wilayah yang dikuasai China – akan menerapkan larangan makanan dari laut Jepang mulai Kamis.

Air limbah reaktor akan dikeluarkan dalam porsi yang lebih kecil pada awalnya dan dengan pemeriksaan ekstra. Pembuangan pertama sebanyak 7.800 meter kubik – setara dengan sekitar tiga kolam renang Olimpiade – akan berlangsung selama sekitar 17 hari.

FOTO : REUTERS/Kim Hong-Ji, Kim Kyung-Hoon, Kyodo/via REUTERS
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More