Kim Jong Un Dikabarkan Jumpa Putin di Vladivostok, Ini Situasi Terkini

Senin, 11 September 2023 - 16:07 WIB
Suasana di depan stasiun kereta api di Vladivostok, Rusia, Senin (9/11)
click to zoom
Suasana stasiun kereta di Vladivostok, Rusia, Senin (9/11)
click to zoom
Petugas berjaga di depan Kampus Universitas Far Eastern Federal di pulau Island, lokasi Eastern Economic Forum 2023 yang akan dihadiri Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, Rusia, Senin (9/11)
click to zoom
Suasana Kota Vladivostok, Rusia, Senin (9/11)
click to zoom
VLADIVOSTOK - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan bertolak ke Rusia untuk menemui Presiden Rusia Vladimir Putin. Perjalanan Kim masih belum dikonfirmasi dan dilaporkan pertama kali dilaporkan oleh New York Times mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, dipetik dari REUTERS.

Badan intelijen Korea Selatan juga menyatakan itu mungkin terjadi namun media pemerintah di Korea Utara dan Rusia bungkam.

Kremlin mengatakan pihaknya "tidak bisa berkata apa-apa" mengenai masalah ini, meskipun Presiden Vladimir Putin dijadwalkan berbicara minggu ini di sebuah forum ekonomi di pelabuhan Vladivostok di Pasifik, Rusia, 6.500 km (4.000 mil) timur Moskow.

Kim dikabarkan berangkat ke Rusia menggunakan kereta api, stasiun penyiaran Korea Selatan YTN melaporkan pada hari Senin (11/9), mengutip sumber pemerintah.

Vladivostok hanya berjarak 130 km (80 mil) dari perbatasan Rusia dengan Korea Utara. Jika dia benar-benar melakukan perjalanan tersebut, itu akan menjadi kunjungannya yang kedua ke Rusia.

Di Vladivostok, jumlah polisi di jalanan lebih banyak dari biasanya, namun tidak ada bendera Korea Utara yang dipasang - tidak seperti sebelumnya ketika kota tersebut dihiasi dengan bintang berujung lima berwarna merah yang menghiasi bendera negara Komunis tersebut.

FOTO : REUTERS/Evgenia Novozhenina
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More