Mengoptimalkan Potensi dan Peluang Bisnis Melalui Digital Marketing pada Masyarakat Nagari IV Koto Hilie

Selasa, 15 Agustus 2023 - 09:31 WIB
Penyuluhan dimulai dengan pengenalan digital marketing kepada masyarakat dan manfaat digital marketing.
click to zoom
Nagari IV Koto Hilie merupakan salah satu desa dengan perekonomian masyarakatnya yang bergantung pada kegiatan pertanian, perikanan, perkebunan dan perdagangan.
click to zoom
Tim KKN PPM Universitas Andalas melihat adanya potensi dan peluang yang besar pada sektor perdagangan.
click to zoom
Namun, di era digital ini masih banyak pelaku usaha yang kurang maksimal dalam mengelola potensi dan memanfaatkan peluang tersebut. Pelaku usaha di nagari ini umumnya masih menjalankan usaha secara konvensional.
click to zoom
Pemanfaatan platform digital seperti media sosial, website pemasaran, dan e-commerce dalam pengembangan usaha masyarakat dapat menjadi batu loncatan untuk memajukan usaha. Diperlukan kepiawaian dalam mempromosikan usaha yang akan dipasarkan ke masyarakat luas.
click to zoom
Batang Kapas – Nagari IV Koto Hilie merupakan salah satu desa dengan perekonomian masyarakatnya yang bergantung pada kegiatan pertanian, perikanan, perkebunan dan perdagangan. Tim KKN PPM Universitas Andalas melihat adanya potensi dan peluang yang besar pada sektor perdagangan. Namun, di era digital ini masih banyak pelaku usaha yang kurang maksimal dalam mengelola potensi dan memanfaatkan peluang tersebut. Pelaku usaha di nagari ini umumnya masih menjalankan usaha secara konvensional.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka Tim KKN PPM ini mengangkatkan program kerja Penyuluhan Digital marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang berlangsung di Kampung Pasar Kuok, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (01 Agustus 2023).

Penyuluhan dimulai dengan pengenalan digital marketing kepada masyarakat dan manfaat digital marketing. Syahrefah Syam, selaku Linjamsos Kemensos RI Kec. Batang Kapas hadir sebagai pendamping masyarakat penerima PKH. Beliau turut memberikan motivasi dan memaparkan pentingnya pemanfaatan smartphone sebagai media pemasaran usaha, khususnya pada media sosial. “Di era digital ini, smartphone tidak hanya bisa digunakan untuk update status saja, seperti status WhatsApp dan Facebook. Akan tetapi juga dapat digunakan untuk memasarkan produk usaha dengan mengunggah foto-foto produk dan mempromosikannya,” jelasnya.

Strategi atau langkah pertama sebelum melakukan digital marketing adalah mengidentifikasi target pasar yang akan dituju. Siapa yang ingin dijangkau? Apa preferensi dan kebiasaan masyarakat? Apa potensi daerah yang dapat dikembangkan? Dengan pemahaman yang baik tentang target pasar, UMKM dapat mengembangkan usahanya lebih relevan dan efektif. Penampilan konten yang kreatif juga sangat berpengaruh pada ketertarikan masyarakat terhadap produk atau UMKM yang akan dikembangkan. Pembuatan konten menarik dan kreatif ini dapat dilakukan dengan penambahan teks, gambar, atau video. Tim KKN PPM Universitas Andalas pada kesempatan ini juga melakukan pelatihan pembuatan konten kreatif, berupa pemotretan barang sekreatif mungkin. Strategi lain yang dapat dilakukan dengan mengadakan promosi atau diskon.

Pemanfaatan platform digital seperti media sosial, website pemasaran, dan e-commerce dalam pengembangan usaha masyarakat dapat menjadi batu loncatan untuk memajukan usaha. Diperlukan kepiawaian dalam mempromosikan usaha yang akan dipasarkan ke masyarakat luas. Dalam penyuluhan juga disampaikan bahwa salah satu caranya adalah dengan membuat foto produk semenarik mungkin dan disebarluaskan pada platform digital sehingga dapat menarik minat pembeli.

Penyuluhan digital marketing kepada UMKM ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang digital marketing, UMKM dapat meningkatkan visibilitas, menarik pelanggan baru, dan meningkatkan penjualan secara signifikan. Selain itu, penyuluhan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga dan mampu merubah pola pikir masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan taraf hidup dengan menjalankan usaha secara online dan meningkatkan penghasilan.

---

Tim Mahasiswa KKN Penyuluhan Digital Marketing : Muthia Ramadhani, Vanny Septhari Azwir, Reviona Destine, Mega Eva Marlina, Galuh Juanda, M. Genta Septiandi, Zulbadrani, Adittheo Pratama, Tri Reta Wahyuni, Dinda Dwi Putri, Rahmatdian Eldi.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More