Dihantam Banjir Bandang, Kota New York Umumkan Keadaan Darurat

Sabtu, 30 September 2023 - 04:44 WIB
Warga berjalan melewati genangan air saat terjadi badai hujan lebat di Mamaroneck pinggiran Kota New York di Westchester County, New York, AS, 29 September 2023. REUTERS/Mike Segar
click to zoom
Sebuah kendaraan yang ditinggalkan terendam banjir saat terjadi badai hujan lebat di Mamaroneck pinggiran Kota New York di Westchester County, New York, AS, 29 September 2023. REUTERS/Mike Segar
click to zoom
Seorang petugas polisi dari Patroli Jalan Raya NYPD melihat di dekat mobil-mobil yang terjebak di jalan raya yang banjir setelah hujan lebat ketika sisa-sisa Badai Tropis Ophelia membawa banjir melintasi Atlantik tengah dan Timur Laut, di FDR Drive di Manhattan dekat jembatan Williamsburg, di New York City, AS, 29 September 2023. REUTERS/Andrew Kelly
click to zoom
Seorang pria membawa barang-barangnya saat meninggalkan kendaraannya yang terhenti di air banjir saat hujan lebat terjadi di Mamaroneck pinggiran Kota New York di Westchester County, New York, AS, 29 September 2023. REUTERS/Mike Segar
click to zoom
Seorang pengendara mobil melewati jalan yang banjir setelah hujan lebat saat sisa-sisa Badai Tropis Ophelia membawa banjir melintasi Atlantik tengah dan Timur Laut, di FDR Drive di Manhattan dekat Jembatan Williamsburg, di New York City, AS, 29 September 2023. REUTERS/Andrew Kelly
click to zoom
Orang-orang memadati peron kereta bawah tanah di stasiun Jackson HeightsRoosevelt Avenue/74th Street, setelah hujan lebat akibat sisa-sisa Badai Tropis Ophelia yang membawa banjir melintasi Atlantik tengah dan Timur Laut, di wilayah Queens di New York City, AS, 29 September , 2023. REUTERS/Shannon Stapleton
click to zoom
Sebuah bus sekolah melewati banjir besar di Larchmont, pinggiran Kota New York, New York, AS, 29 September 2023. REUTERS/Mike Segar
click to zoom
Personil penyelamat Unit Operasi Khusus dengan Layanan Darurat Westchester County mendayung dengan rakit saat mereka memeriksa bangunan untuk mencari korban yang terperangkap dalam banjir besar di Mamaroneck pinggiran Kota New York, New York, AS, 29 September 2023. REUTERS/Mike Segar
click to zoom
NEW YORK, 29 September (Reuters) - Hujan deras yang berkepanjangan sejak seminggu dengan curah hujan tinggi memicu banjir bandang di New York pada hari Jumat serta mengganggu layanan kereta bawah tanah di kota terpadat di AS, menggenangi ruang bawah tanah dan mengakibatkan sejumlah jalan menjadi terendam banjir.

Peringatan banjir bandang berlaku di New York hingga pukul 14.30. EDT, dengan curah hujan sebanyak 6 inci (15 cm) yang turun di beberapa lokasi, termasuk Brooklyn, Lower Manhattan, dan Bandara Internasional John F. Kennedy di wilayah Queens, kata Zack Taylor dari National Weather Service.

Di seluruh wilayah, 2 hingga 3 inci (5 hingga 8 cm) lainnya bisa jatuh sebelum sistem tersebut terdorong ke laut, dan di beberapa lokasi bisa terlihat lebih banyak lagi, kata Taylor, ahli meteorologi di Pusat Prediksi Cuaca di College Park, Maryland.

“Ini benar-benar situasi yang mengancam jiwa,” katanya, sambil memperingatkan agar tidak melakukan perjalanan sampai curah hujan mereda pada Jumat malam.

Curah hujan ekstrem mendorong Gubernur New York Kathy Hochul mengumumkan keadaan darurat di Kota New York, Long Island, dan Lembah Hudson, dan beberapa pasukan Garda Nasional dikerahkan untuk membantu respons tersebut.

Banjir menyebabkan gangguan besar pada layanan kereta bawah tanah New York dan layanan kereta komuter Metro-Utara, menurut Badan Transportasi Metropolitan, yang mengoperasikan keduanya. Beberapa jalur kereta bawah tanah ditangguhkan seluruhnya, dan banyak stasiun ditutup.

Walikota New York Eric Adams mengumumkan keadaan darurat di kota tersebut.

“Ini adalah waktunya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian yang ekstrim,” katanya pada konferensi pers pagi hari. "Jika Anda sedang bekerja atau sekolah, berlindunglah di tempat untuk saat ini."

Sistem yang menghasilkan hujan deras seperti yang terjadi pada hari Jumat menjadi lebih umum terjadi di banyak wilayah AS, termasuk wilayah Kota New York.

Pemanasan global telah menghasilkan pola cuaca yang lebih ekstrem di banyak belahan dunia, menurut para ilmuwan iklim.

Hujan tersebut merupakan salah satu bulan September terbasah yang pernah tercatat di New York, dengan curah hujan sebesar 13,74 inci (34,9 cm) selama bulan tersebut mulai pukul 11 pagi pada hari Jumat, dan masih banyak lagi yang akan turun, kata Dominic Ramunni, peramal cuaca di kantor layanan cuaca di New York. kota. Suhu tertinggi sepanjang masa terjadi pada bulan September 1882 ketika curah hujan mencapai 16,82 inci (42,72 cm).

“Saya tidak tahu apakah kami akan memecahkan rekor tersebut, tapi kami akan mendekatinya,” kata Rammuni.

Meskipun ada peringatan, sekolah umum di kota tetap dibuka pada hari itu. Beberapa bangunan mengalami banjir namun tidak ada operasi yang terpengaruh, kata juru bicara distrik.

Setidaknya satu distrik pinggiran kota, Bronxville di Westchester County, New York, di utara New York, memberhentikan siswa lebih awal karena banjir yang semakin parah.

Banjir yang terjadi pada hari Jumat terjadi setelah hujan deras dan angin kencang akhir pekan lalu akibat sisa-sisa Badai Tropis Ophelia. Badai tersebut merendam Kota New York dan menyebabkan pemadaman listrik yang meluas di North Carolina, Virginia, Pennsylvania, dan New Jersey.

Di New York, hujan yang turun secara berkala pada minggu ini mengakibatkan timbulnya banjir bandang.

(Laporan oleh Jonathan Allen dan Bing Guan di New York, Brendan O'Brien di Chicago, dan Rich McKay di Atlanta; Ditulis oleh Frank McGurty; diedit oleh Jonathan Oatis)
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More