Digelar di Jogja, WCC Nusantara Diikuti Ratusan Pesepeda Wanita

Minggu, 15 Oktober 2023 - 19:37 WIB
Women's Cycling Community (WCC) atau komunitas pesepeda wanita nusantara kembali menggelar grand tour series 2023 yang dipusatkan di Kota Jogjakarta pada Minggu (15/10).
click to zoom
Ratusanpesepedawanita turut berpartisipasi dalam event tersebut sebagai salah satu dukungan untuk menyuarakan dukungan terhadap program langit biru.
click to zoom
Giat gowes ini juga dimaksudkan untuk mengurangi pencemaran udara dengan aktif memakai sepeda dan pengembangan sport tourism untuk meningkatkan pariwisata hijau di tanah air.
click to zoom
Jakarta - Women's Cycling Community (WCC) atau komunitas pesepeda wanita nusantara kembali menggelar grand tour series 2023 yang dipusatkan di Kota Jogjakarta pada Minggu (15/10).

Ratusan pesepeda wanita turut berpartisipasi dalam event tersebut sebagai salah satu dukungan untuk menyuarakan dukungan terhadap program langit biru. Giat gowes ini juga dimaksudkan untuk mengurangi pencemaran udara dengan aktif memakai sepeda dan pengembangan sport tourism untuk meningkatkan pariwisata hijau di tanah air.

Untuk gelaran di DIY, peserta menempuh jarak sejauh 34 kilometer dengan rute Ambarukmo - Prambanan - Cangkringan - Pakem. Acara yang dilepas oleh Brigjen Pol. R Slamet Santoso SH S.I.K selaku Wakapolda Yogyakarta ini dimulai di Plaza Ambarukmo dan berakhir di warung icikiwir

Founder WCC nusantara, Tabitha Sumendap, mengungkapkan rangkaian ground tour series tahun ini telah digelar disejumlah kota besar di Indonesia. Di antaranya di DKI Jakarta dan Bandung yang sudah terselenggara beberapa bulan lalu.

Tabitha mengungkapkan, DIY dipilih sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan mengingat wilayah ini masuk dalam kawasan destinasi super prioritas yang dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu dipilihnya juga lantaran ada sebanyak 28 komunitas WCC nusantara yang tersebar di Indonesia, mayoritas berada di Jawa tengah.

Sementara itu menurut influencer dan spokeperson WCC nusantara Poppy Zeidra, grand tour series Yogyakarta kali ini mengusung tema "Sport is the New Energy", ini adalah bentuk kolaborasi WCC nusantara dan Pertamina untuk mendukung upaya pemerintah mengatasi tantangan perubahan iklim, menciptakan udara bersih dengan bersepeda dan mengkampanyekan penggunaan energi bersih yang ramah lingkungan serta untuk mencapai targetnet zero emissionIndonesia pada 2060.

Grand tour series 2023 didukung penuh dan turut diapresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Bagi Sandi giat gowes pesepeda wanita ini sebagai salah satu event yang menyuarakan pemberdayaan wanita dan mendorong pengembangan wisata olahraga serta dapat meningkatkan pariwisata di tanah air.

Selain bersepeda, WCC Nusantara juga mengunjungi Balkondes Wringinputih Pertamina, Desa Balkondes Pertamina Gas Negara serta Truntum Gas Block untuk melihat pemberdayaan desa dan masyarakat untuk mendukung sektor pariwisata di sekitar Candi Borobudur.

Setelah DI Yogyakarta, grand tour series juga akan digelar di Bali bulan depan. Tahun 2024 grand tour series direncanakan akan digelar di lima destinasi super seperti Labuan bajo, Mandalika, Danau Toba, Likupang serta Borobudur.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More