14 Warga Palestina di Jenin Tewas usai Diserbu Militer Israel

Jum'at, 10 November 2023 - 06:20 WIB
Warga Palestina memeriksa kerusakan setelah serangan Israel, di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel, 9 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta
click to zoom
Seorang pria Palestina berusaha memadamkan api setelah serangan Israel, di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel, 9 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta
click to zoom
Para jurnalis bekerja setelah serangan Israel, di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel, 9 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta
click to zoom
Warga Palestina melarikan diri dari rumah mereka saat serangan Israel di Jenin, Tepi Barat yang diduduki Israel, 9 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta
click to zoom
Seorang wanita Palestina berjalan di atas puing-puing setelah serangan Israel, di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki Israel, 9 November 2023. REUTERS/Raneen Sawafta
click to zoom
RAMALLAH, 9 November (Reuters) - Pasukan Israel menyerbu kota Jenin, Palestina, pada hari Kamis (8/11) dan bertempur selama berjam-jam dengan orang-orang bersenjata yang menewaskan 14 orang, salah satu bentrokan terberat di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa bulan terakhir.

Empat orang Palestina lainnya tewas oleh tentara Israel dalam insiden terpisah di Tepi Barat, kata kementerian kesehatan Palestina, sebuah peningkatan kekerasan dengan latar belakang perang Israel melawan Hamas di Jalur Gaza.

Para saksi mata mengatakan bahwa suara tembakan terdengar selama berjam-jam ketika pasukan Israel bertempur melawan militan bersenjata lengkap di jalan-jalan Jenin dan kamp pengungsi yang berdekatan, di mana ratusan orang bersenjata lengkap bermarkas.

Militer Israel mengatakan bahwa mereka telah melakukan operasi kontra terorisme di kota tersebut dan telah menggunakan pesawat tak berawak untuk menyerang sekelompok militan bersenjata. Mereka menambahkan bahwa mereka telah menangkap 20 tersangka dalam penggerebekan tersebut dan menyita senjata dan amunisi.

Di antara mereka yang tewas adalah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun, kata kementerian kesehatan Palestina.

Bentrokan juga terjadi di tempat lain di Tepi Barat, dengan kematian dilaporkan terjadi di dekat Betlehem, Nablus dan Hebron serta di pinggiran Ramallah, kota utama di wilayah tersebut.

Sedikitnya 178 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak serangan 7 Oktober dari Gaza ke Israel oleh orang-orang bersenjata dari gerakan Islam Hamas. Israel melancarkan serangannya ke Gaza sebagai tanggapan atas serangan tersebut, di mana orang-orang bersenjata menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang, menurut perhitungan Israel.

Para pejabat Palestina mengatakan 10.812 penduduk Gaza telah tewas pada hari Kamis, sekitar 40% di antaranya adalah anak-anak, dalam serangan udara dan artileri, sementara persediaan bahan makanan semakin menipis dan daerah-daerah hancur akibat pemboman Israel yang tak henti-hentinya.

Meningkatnya jumlah korban tewas di Tepi Barat telah menggarisbawahi kekhawatiran bahwa wilayah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967 itu dapat menjadi tidak terkendali seiring dengan berlanjutnya konflik melawan Hamas di Gaza.

"Agresi berdarah pendudukan Israel di Gubernuran Jenin adalah eskalasi yang disengaja untuk meledakkan situasi di Tepi Barat," kata Kementerian Luar Negeri Palestina dalam sebuah pernyataan.

Israel telah bersumpah untuk menghancurkan Hamas. Jet-jet Israel telah membombardir Jalur Gaza selama berminggu-minggu dan tank-tank serta pasukan Israel telah menembus jauh ke dalam daerah kantong, mengepung Kota Gaza.

Kemarahan atas pertempuran telah meningkat di Tepi Barat dan banyak bagian dari dunia Arab dengan meningkatnya seruan untuk gencatan senjata.

(Pelaporan oleh Ali Sawafta di Ramallah dan Clauda Tanios di Dubai; Penulisan oleh Maytaal Angel dan James Mackenzie; Penyuntingan oleh Toby Chopra, Crispian Balmer dan Grant McCool)

Foto REUTERS/Raneen Sawafta
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More