Cerita Pilu Mahasiswi Kedokteran Palestina, Mimpinya jadi Seorang Dokter Kini Telah Hancur

Senin, 29 Januari 2024 - 18:41 WIB
Aseel Abu Haddaf, seorang mahasiswa kedokteran Palestina yang melarikan diri dari rumahnya di Khan Younis bersama keluarganya karena serangan Israel di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islamis Palestina Hamas, melihat ke arah tenda tempat mereka bernaung, di Rafah, Jalur Gaza selatan, 28 Januari 2024. REUTERS/Saleh Salem
click to zoom
Aseel Abu Haddaf, seorang mahasiswa kedokteran Palestina yang melarikan diri dari rumahnya di Khan Younis bersama keluarganya karena serangan Israel di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islamis Palestina Hamas, terlihat duduk di samping ayahnya di sebuah kamp tenda tempat mereka bernaung, di Rafah, Jalur Gaza selatan, 28 Januari 2024. REUTERS/Saleh Salem
click to zoom
Aseel Abu Haddaf, seorang mahasiswa kedokteran Palestina yang melarikan diri dari rumahnya di Khan Younis bersama keluarganya karena serangan Israel di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islamis Palestina Hamas, terlihat duduk di samping ayahnya di sebuah kamp tenda tempat mereka bernaung, di Rafah, Jalur Gaza selatan, 28 Januari 2024. REUTERS/Saleh Salem
click to zoom


RAFAH, Gaza, 29 Januari (Reuters) - Mahasiswa kedokteran Palestina Aseel Abu Haddaf seharusnya lulus dari sekolah kedokteran di Gaza tahun ini, namun ia justru tinggal di tenda karena rumah dan universitasnya menjadi puing-puing akibat serangan udara Israel, dan bertanya-tanya apakah ia bisa menjadi seorang dokter.

Perang Israel di Gaza, yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.200 orang, telah merenggut semua sisa-sisa kehidupan normal di daerah kantong yang kecil dan padat itu dan menewaskan sekitar 25.000 warga Palestina menurut otoritas kesehatan setempat.

Bagi mahasiswa seperti Abu Haddaf, masa depan bahkan lebih tidak pasti daripada kebanyakan orang, tidak tahu apakah tahun-tahun sulit mereka dalam belajar sekarang akan berarti apa-apa atau apakah yang tersisa dari universitas masih memiliki catatan tentang kemajuan akademis mereka.

"Kedokteran telah menjadi ambisi saya sejak kecil. Sebagai seorang anak, saya selalu membayangkan diri saya sebagai seorang dokter karena situasi yang kami alami di Gaza," ujar Abu Haddaf, seraya menambahkan bahwa kehancuran akibat perang membuatnya semakin bertekad untuk meraih cita-cita tersebut.

Dia telah berada di tahun terakhir dari program enam tahun kuliahnya di Universitas al-Azhar di bagian selatan Kota Gaza, siap untuk lulus akhir tahun ini dan mulai bekerja sebagai dokter magang untuk menjadi dokter yang sepenuhnya. Ia berharap kelak bisa menjadi dokter bedah.

Kota Gaza sebagian besar telah terputus dari daerah kantong lainnya selama berminggu-minggu setelah pasukan Israel mengepungnya selama serangan besar pertama mereka ke daerah kantong tersebut, tetapi kehancuran besar-besaran telah terlihat dari video, foto, dan gambar-gambar satelit.

Abu Haddaf tidak tahu apa yang telah terjadi dengan para dosennya, staf universitas lainnya, atau rekan-rekan mahasiswanya. "Tidak ada hubungan. Saya tidak tahu apa-apa tentang mereka, apakah mereka masih hidup atau sudah meninggal," katanya tentang teman-teman sekelasnya.

"Saya berharap kami dapat kembali belajar meskipun di tenda dan memiliki akses ke staf pengajar untuk mengajar kami dan membantu mewujudkan impian kami untuk menjadi dokter," katanya.

RELAWAN

Keluarga Abu Haddaf selama ini tinggal di Khan Younis, kota terbesar di selatan Gaza. Serangan Israel telah menggempur seluruh wilayah Gaza sejak awal perang, namun serangan Israel semakin meningkat di Khan Younis ketika pasukan darat menyerbunya tahun ini.

Rumah mereka hancur dan seperti sekitar 85% penduduk Gaza, keluarga ini sekarang menjadi tunawisma. Seperti kebanyakan warga Gaza lainnya, mereka kini berada di Rafah, dekat dengan perbatasan Mesir dan dianggap relatif lebih aman dari pemboman Israel.

Abu Haddaf menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membersihkan tenda keluarga, mencuci pakaian, memasak sedikit makanan yang bisa mereka temukan, dan melakukan berbagai pekerjaan berat lainnya yang harus dilakukan saat hidup tanpa rumah dan listrik.

Namun, ia juga menjadi sukarelawan untuk tugas-tugas medis sejauh yang ia bisa lakukan bersama pihak berwenang setempat untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang kedokteran, namun ia menganggap hal itu sebagai pengganti yang buruk untuk pelatihannya di universitas.

Gaza membutuhkan semua tenaga medis yang bisa didapatkan, dengan puluhan ribu orang terluka akibat pemboman Israel, daerah kantong yang menghadapi kelaparan menurut proyeksi PBB dan sebagian besar penduduknya menghadapi risiko yang meningkat akibat penyakit.

Apakah mahasiswa kedokteran seperti Abu Haddaf akan dapat menyelesaikan pelatihan mereka, merupakan salah satu pertanyaan yang belum terjawab dalam perang ini. Sementara itu, seperti semua orang di Gaza, fokus terbesarnya adalah bertahan hidup.

"Di sini, di kamp, kami menjalani hari-hari yang sulit. Yang kami pikirkan hanyalah bagaimana caranya mendapatkan makanan dan minuman," ujarnya.

(Pelaporan oleh Saleh Salem, Penulisan oleh Angus McDowall, Penyuntingan oleh William Maclean)
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More