Tembakkan 150 Rudal, Rusia Gempur Fasilitas Pembangkit Listrik dan Bendungan di Ukraina

Sabtu, 23 Maret 2024 - 00:19 WIB
Asap dan api terlihat di sekitar saluran listrik bertegangan tinggi di lokasi serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di luar Kharkiv, Ukraina 22 Maret 2024. REUTERS/Sofiia Gatilova
click to zoom
Asap dan api terlihat di sekitar saluran listrik bertegangan tinggi di lokasi serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di luar Kharkiv, Ukraina 22 Maret 2024. REUTERS/Sofiia Gatilova
click to zoom
Asap membumbung di langit di atas saluran listrik bertegangan tinggi di lokasi serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di luar Kharkiv, Ukraina 22 Maret 2024. REUTERS/Sofiia
click to zoom
Petugas pemadam kebakaran bekerja di lokasi objek infrastruktur listrik penting, yang terkena serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di luar Kharkiv, Ukraina 22 Maret 2024. REUTERS/Sofiia Gatilova
click to zoom
Asap dan api menyembur dari ledakan rudal di bendungan terbesar di Ukraina, DniproHES, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Zaporizhzhia, Ukraina, 22 Maret 2024, dalam gambar selebaran ini. Denys Shmyhal/Perdana Menteri Ukraina via Telegram/Handout via REUTERS
click to zoom
Asap dan api menyembur dari ledakan di bendungan terbesar di Ukraina, DniproHES, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Zaporizhzhia, Ukraina, 22 Maret 2024, dalam tangkapan layar yang diperoleh dari video media sosial ini
click to zoom
Asap dan api menyembur dari ledakan rudal di bendungan terbesar di Ukraina, DniproHES, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Zaporizhzhia, Ukraina, 22 Maret 2024, dalam gambar selebaran ini. Denys Shmyhal/Perdana Menteri Ukraina via Telegram/Handout via REUTERS
click to zoom
KYIV, 22 Maret (Reuters) - Rusia menghantam fasilitas-fasilitas pembangkit listrik Ukraina pada hari Jumat dalam sebuah serangan yang digambarkan oleh Kyiv sebagai serangan udara terbesar terhadap infrastruktur energinya dalam dua tahun perang, dan digambarkan oleh Moskow sebagai pembalasan dendam atas serangan-serangan Ukraina selama pemilu presiden.

Serangan rudal dan pesawat tak berawak menghantam bendungan besar di atas sungai Dnipro, menewaskan sedikitnya lima orang dan menyebabkan lebih dari satu juta orang lainnya tidak mendapatkan aliran listrik, sehingga memaksa Kyiv untuk mencari pasokan listrik darurat dari Polandia, Rumania, dan Slowakia, demikian ungkap para pejabat Kyiv.

Serangan yang menurut Kyiv menyebabkan pemadaman listrik di tujuh wilayah itu, menghidupkan kembali kenangan musim dingin 2022-23 ketika Moskow secara teratur mengebom jaringan listrik Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan udara tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas penembakan dan serangan lintas batas Ukraina pekan lalu ketika Rusia ikut serta dalam pemilihan umum yang diatur sedemikian rupa sehingga memberikan masa jabatan kelima bagi Presiden Vladimir Putin.

"Dunia melihat target-target teroris Rusia sejelas mungkin: pembangkit listrik dan jalur suplai energi, bendungan pembangkit listrik tenaga air, bangunan-bangunan tempat tinggal biasa, bahkan sebuah troli," ujar Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy.

Mengutuk serangan tersebut, Menteri Energi Ukraina, German Galushchenko, mengatakan: "Tujuannya bukan hanya untuk merusak, tetapi untuk mencoba lagi, seperti tahun lalu, untuk menyebabkan kegagalan skala besar pada sistem energi negara."

Rusia membantah sengaja menargetkan warga sipil meskipun perang yang dimulai dengan invasi skala penuh pada Februari 2022 telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang mengungsi, dan menghancurkan kota-kota besar dan kecil.

Moskow mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas pembangkit listrik Ukraina adalah target yang sah dan bahwa serangan-serangan semacam itu ditujukan untuk melemahkan militer Kyiv.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada sebuah media Rusia pada hari Jumat bahwa Moskow melihat dirinya dalam "keadaan perang" karena intervensi Barat terhadap Kyiv.

Komentar tersebut menandai jeda retorika dari bahasa "operasi militer khusus" yang telah digunakan oleh para pejabat Moskow selama invasi, dalam sebuah langkah yang jelas untuk mempersiapkan Rusia untuk perjuangan yang lebih lama dan lebih sulit.

Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel mengatakan bahwa komentar Rusia mengenai perang dengan Eropa menunjukkan pentingnya Uni Eropa membangun industri pertahanannya sendiri.

Dua orang tewas di wilayah Khmelnytskyi barat dan tiga orang di Zaporizhzhia di tenggara, termasuk setidaknya satu orang di bendungan, kata pemerintah setempat dan kantor kejaksaan. Lebih dari 30 orang dilaporkan terluka.

Bendungan terbesar di Ukraina, DniproHES di kota Zaporizhzhia, dihantam delapan kali, kata seorang pejabat dari kantor kejaksaan Ukraina.

Perusahaan pembangkit listrik tenaga air negara mengatakan bahwa tidak ada risiko pelanggaran. Direktur perusahaan tersebut, Ihor Syrota, mengatakan bahwa kedua blok pembangkit listrik dan bendungan itu sendiri telah rusak. Salah satu blok mengalami dua serangan langsung, katanya.

Inspektorat ekologi negara mengatakan bahwa minyak telah bocor ke sungai Dnipro yang dilintasi bendungan tersebut. Sebuah gambar menunjukkan apa yang tampak seperti lapisan minyak yang terbentuk di sungai dekat bendungan.

"Dampak luas dari serangan hari ini terhadap infrastruktur sipil yang penting memperdalam situasi kemanusiaan yang sudah mengerikan bagi jutaan orang di Ukraina," koordinator kemanusiaan PBB untuk Ukraina, Denise Brown, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Denys Shmyhal mengatakan sekitar 20 gardu induk dan stasiun listrik telah dihantam selain bendungan.

Rusia menembakkan 88 rudal dan 63 pesawat tak berawak Shahed, dimana hanya 37 dan 55 yang berhasil ditembak jatuh, angkatan udara Ukraina mengatakan bahwa serangan tersebut terkonsentrasi di wilayah Kharkiv, Dnipropetrovsk, dan Zaporizhzhia.

Hal ini menunjukkan rasio yang lebih buruk dari biasanya, yang mungkin mencerminkan penggunaan rudal balistik Moskow yang lebih sulit ditembak jatuh dan juga kedekatan wilayah yang menjadi target dengan wilayah yang dikuasai Rusia.

Sekitar 1,2 juta orang di setidaknya empat wilayah tidak memiliki listrik akibat serangan tersebut, kata ajudan presiden Oleksiy Kuleba di Telegram. Sekitar 700.000 orang di antaranya berada di wilayah timur Kharkiv saja.

Perusahaan energi swasta terbesar di Ukraina, DTEK, mengatakan bahwa beberapa pembangkit listrik tenaga panasnya telah terkena dampak. Perusahaan minyak dan gas negara Ukraina, Naftogaz, mengatakan bahwa fasilitas-fasilitasnya telah rusak akibat pemogokan tersebut, tanpa memberikan rincian mengenai apa saja yang terkena dampaknya.

(Pelaporan oleh Max Hunder; pelaporan tambahan oleh Yuliia Dysa, Dan Peleschuk dan Olzhas Auyezov di Almaty; Penulisan oleh Tom Balmforth; Penyuntingan oleh Alex Richardson, Timothy Heritage, dan Kevin Liffey)
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More