Bank Mandiri Siapkan Rp3,9 Triliun Untuk Kebutuhan Uang Tunai jelang Lebaran di Jateng-DIY

Kamis, 28 Maret 2024 - 02:35 WIB
Aktivitas perbankan di Bank Mandiri Sisingamaraja, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2024).
click to zoom
Aktivitas perbankan di Bank Mandiri Sisingamaraja, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2024).
click to zoom
Bank Mandiri menyiapkan sekitar Rp3,9 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H. Secara nasional Bank Mandiri telah menyiapkan Rp13,3 triliun selama 30 hari, 18 Maret hingga 16 April 2024. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5% dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya.
click to zoom
Aktivitas perbankan di Bank Mandiri Sisingamaraja, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2024). Bank Mandiri menyiapkan sekitar Rp3,9 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H. Secara nasional Bank Mandiri telah menyiapkan Rp13,3 triliun selama 30 hari, 18 Maret hingga 16 April 2024. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5% dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya.

Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri, Tinno Susilo mengatakan langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN. Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia dan 1.202 mesin ATM/CRM di wilayah Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” katanya. Selain mesin ATM, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran non tunai untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC, QRIS, aplikasi Livin’ by Mandiri maupun Livin Merchant.

Jumlah seluruh kantor Cabang Bank Mandiri di wilayah Jateng dan DIY adalah 234 Kantor Cabang yang masih beroperasi sampai tanggal 6 April 2024, selanjutnya Kantor Cabang akan kembali aktif beroperasi di tanggal 16 April 2024. Selama libur lebaran tanggal 8 – 15 April 2024, kantor cabang Bank Mandiri di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta akan tutup layanan.

Sementara pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Tinno menjelaskan, Bank Mandiri Region VII akan menyiapkan stok kartu e-money hingga 52 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), official store Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

FOTO: Ahmad Antoni
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More