Volume Lalin GT Cikampek Utama Melonjak 321 Persen

Minggu, 07 April 2024 - 13:14 WIB
Ratusan kendaraan memadati gerbang tol Cikampek Utama.
click to zoom
Ratusan kendaraan memadati gerbang tol Cikampek Utama.
click to zoom
Ratusan kendaraan memadati gerbang tol Cikampek Utama.
click to zoom
Ratusan kendaraan memadati gerbang tol Cikampek Utama.
click to zoom
JAKARTA - Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengungkapkan volume lalulintas (lalin) di Gerbang Tol Cikampek Utama melonjak 321% dari lalin normal pada H-4 lebaran atau Sabtu 6 April 2024.

Faiza menjelaskan pada periode tersebut menjadi transaksi tertinggi jika dibandingkan dengan periode normalnya dengan total 122 kendaran per hari di GT Cikampek Utama. Sehingga dianggap Jasa Marga menjadi puncak arus mudik pada lebaran 2024.

"Kemarin yang diprediksi menjadi puncak di hari Sabtu 6 April, kami mencatat di H-4 itu merupakan lalin tertinggi di GT cikatama mencapai 122 ribu kendaraan, ini meningkat sebesar 321% dari lalin normal," ujar Faiza di Kantor Jasa Marga GT Cikampek Utama, Minggu (7/4/2024).

Lebih lanjut Faiza menjelaskan saat ini memang waktu favorit yang dipilih para pemudik melakukan perjalanan mayoritas berada pada sore menjelang malam hingga dini hari. Hal itu melihat keterisian rest area yang biasanya lebih padat jika pada waktu waktu tersebut.

"Jadi memang trennya itu pada saat masih puasa periodenya itu pada saat buka, terus menerus tuh, tarawih dan sebagainya, abis itu lanjut sampai malam hari, dini hari, sampai subuh," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Faiza menambahkan total volume lalin pada H-5 hingga H-3 lebaran sebanyak 807.000 kendaraan. Angka tersebut merupakan akumulasi dari 4 Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 41% jika dibandingkan dengan periode normal, atau naik sekitar 12% jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun 2023 lalu.

"Selain itu juga mungkin yang menjadi titik kepadatan itu adalah di GT Cikampek Utama dan GT Kalikangkung," pungkas Faiza.

Foto Iqbal Dwi Purnama
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More