Serangan Israel ke Kamp Rafah Tewaskan 45 Orang, Presiden Macron Berang!

Senin, 27 Mei 2024 - 20:33 WIB
Warga Palestina memadamkan api di lokasi serangan Israel di daerah yang diperuntukkan bagi para pengungsi, di Rafah, di Jalur Gaza selatan, 27 Mei 2024. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
Warga Palestina berjalan melewati asap yang mengepul dari kebakaran di lokasi serangan Israel di daerah yang diperuntukkan bagi para pengungsi, di Rafah, di Jalur Gaza selatan, 27 Mei 2024. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
Anak-anak Palestina melihat kerusakan saat mencari makanan di antara puing-puing yang terbakar di lokasi serangan Israel di daerah yang diperuntukkan bagi para pengungsi, di Rafah di Jalur Gaza selatan, 27 Mei 2024. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
KAIRO/JERUSALEM, 27 Mei (Reuters) - Sebuah serangan udara Israel memicu kebakaran besar yang menewaskan 45 orang di sebuah kamp tenda di kota Rafah, Gaza, kata para pejabat pada hari Senin (26/5), yang memicu protes dari para pemimpin dunia yang mendesak pelaksanaan perintah Pengadilan Dunia untuk menghentikan serangan tersebut.

Dalam pemandangan yang sangat akrab dengan perang di bulan kedelapan, keluarga-keluarga Palestina bergegas ke rumah sakit untuk mempersiapkan korban tewas untuk dimakamkan setelah serangan pada Minggu malam membuat tenda-tenda dan tempat penampungan reyot dari logam terbakar.

Israel mengatakan bahwa penyelidikan awal menunjukkan bahwa serangan terhadap para komandan kelompok militan Hamas yang memicu kebakaran tersebut.

Para korban yang selamat mengatakan bahwa para keluarga sedang bersiap-siap untuk tidur ketika serangan terjadi.

“Kami sedang berdoa ... dan kami sedang menyiapkan tempat tidur anak-anak kami untuk tidur. Tidak ada yang aneh, lalu kami mendengar suara yang sangat keras, dan api meletus di sekitar kami,” kata Umm Mohamed Al-Attar, seorang ibu Palestina berjilbab merah.

“Semua anak-anak mulai berteriak... Suaranya sangat menakutkan; kami merasa logam-logam itu akan runtuh menimpa kami, dan pecahan-pecahan peluru berjatuhan ke dalam ruangan.”

Serangan itu terjadi di lingkungan Tel Al-Sultan, tempat ribuan orang berlindung setelah pasukan Israel memulai serangan darat di sebelah timur Rafah lebih dari dua minggu lalu.

Rekaman video yang diperoleh Reuters menunjukkan api berkobar dalam kegelapan dan orang-orang berteriak panik. Sekelompok pemuda mencoba mengangkut lembaran-lembaran besi bergelombang dan sebuah selang dari sebuah truk pemadam kebakaran mulai memadamkan api.

Lebih dari separuh korban tewas adalah perempuan, anak-anak, dan orang tua, kata pejabat kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas, dan menambahkan bahwa jumlah korban tewas kemungkinan besar akan bertambah karena mereka mengalami luka bakar yang parah.

Militer Israel mengatakan bahwa serangan hari Minggu, yang didasarkan pada “informasi intelijen yang akurat”, telah menewaskan kepala staf Hamas untuk wilayah Palestina yang kedua dan yang lebih besar, Tepi Barat, ditambah seorang pejabat lain yang berada di balik serangan-serangan terhadap warga Israel.

Hal itu terjadi setelah pencegatan delapan roket yang ditembakkan ke arah Israel dari wilayah Rafah.

Israel tetap melanjutkan serangan meskipun ada keputusan dari pengadilan tertinggi PBB pada hari Jumat yang memerintahkannya untuk berhenti, dengan alasan bahwa keputusan pengadilan tersebut memberikannya ruang untuk melakukan tindakan militer di sana.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa ia “sangat marah” atas serangan terbaru Israel. “Operasi ini harus dihentikan. Tidak ada daerah yang aman di Rafah untuk warga sipil Palestina,” katanya di X.

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengatakan bahwa keputusan Mahkamah Internasional harus dihormati. “Hukum humaniter internasional berlaku untuk semua, juga untuk perilaku perang Israel,” kata Baerbock.

(Tambahan Dan Williams dan James Mackenzie di Yerusalem; Jana Choukeir dan Clauda Tanios dan Mohammed Salem; Gabrielle Tétrault-Farber di Jenewa; Tassilo Hummel; Penulisan oleh Ros RussellPenyuntingan oleh Andrew Cawthorne, William Maclean) Foto: Mohammed Salem
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More