Warga AS Antisipasi Kerusuhan Jelang Pengumuman Hasil Pilpres

Selasa, 03 November 2020 - 23:02 WIB
Warga melintas didepan toko saat pekerjanya tengah menutupi kaca toko dengan papan untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan menjelang pengumuman hasil pemilu presiden di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Senin (02/11/2020) waktu setempat.
click to zoom
Sejumlah toko di pusat kota Manhattan, New York, Amerika Serika memilih menutup tokonya untuk mengantisipasi hal terburuh jelang pengumuman hasil Pemilu Presiden.
click to zoom
Pemilu Amerika Serikat (AS) dibayangi ketidakpastian dan dihantui kekerasan sipil.
click to zoom
Pemilu tersebut juga dilaksanakan di saat krisis dan ketidakpastian melanda negara tersebut, mulai dari resesi ekonomi akibat pandemic korona hingga melemahnya posisi geopolitik Washington karena ditingal mitra koalisinya.
click to zoom
Berbagai isu yang dimainkan pada pemilu AS juga menunjukkan adanya permainan untuk memunculkan ketidakpastian.
click to zoom
Warga melintas didepan toko saat pekerjanya tengah menutupi kaca toko dengan papan untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan menjelang pengumuman hasil pemilu presiden di Manhattan, New York, Amerika Serikat, Senin (02/11/2020) waktu setempat. Pemilu Amerika Serikat (AS) dibayangi ketidakpastian dan dihantui kekerasan sipil. Itu dikarenakan persaingan antar calon presiden sangat ketat. Ancaman saling klaim kemenangan dan kecurangan pemilu menjadi kekhawatiran yang terjadi pada sebagian warga AS.

Pemilu tersebut juga dilaksanakan di saat krisis dan ketidakpastian melanda negara tersebut, mulai dari resesi ekonomi akibat pandemic korona hingga melemahnya posisi geopolitik Washington karena ditingal mitra koalisinya. Di dalam negeri, isu ketidakadilan sosial, rasisme yang sistemik, berbagai demonstrasi ketidakpuasan terhadap pemerintah hingga ketegangan antar kelompok di AS yang semakin kuat.

Berbagai isu yang dimainkan pada pemilu AS juga menunjukkan adanya permainan untuk memunculkan ketidakpastian. Tema kampanye pemilu AS Donald Trump meragukan integritas pemilu dan memperingatkan pengacara setelah pemilu selesai menjadikan kekhawatiran tersendiri. Upaya Trump meragukan proses demokrasi menunjukkan bahwa dia terus bermanuver untuk mengamankan periode kedua.

REUTERS / Brendan McDer
(bon)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More