Sosok Penembak Trump, Anggota Partai Republik dan Pernah Sumbang Partai Demokrat 15 Dollar AS

Minggu, 14 Juli 2024 - 16:19 WIB
Kevin Rojek, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor lapangan FBI Pittsburgh berbicara saat Wakil Komisaris Operasi Letnan Kolonel George Bivens dan Kolonel Polisi Negara Bagian Pennsylvania Christopher Paris menyaksikan saat konferensi pers setelah calon presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump terluka saat tembakan dilepaskan saat rapat umum kampanye, di kantor polisi di Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. REUTERS/Brendan McDermid
click to zoom
Wakil Komisioner Operasi Letnan Kolonel George Bivens berbicara saat Kevin Rojek, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor lapangan FBI Pittsburgh dan Kolonel Polisi Negara Bagian Pennsylvania Christopher Paris menyaksikan saat konferensi pers setelah calon presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump terluka saat terjadi penembakan dalam sebuah rapat umum kampanye, di sebuah kantor polisi di Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. REUTERS/Brendan McDermid
click to zoom
Kevin Rojek, agen khusus yang bertanggung jawab atas kantor lapangan FBI Pittsburgh berbicara dalam sebuah konferensi pers setelah calon presiden dari Partai Republik dan mantan Presiden AS Donald Trump terluka akibat tembakan yang dilepaskan dalam sebuah rapat umum kampanye, di kantor polisi di Butler, Pennsylvania, AS, 13 Juli 2024. REUTERS/Brendan McDermid
click to zoom
BETHEL PARK, Pennsylvania, 14 Juli (Reuters) - FBI mengidentifikasi Thomas Matthew Crooks, 20 tahun, dari Bethel Park, Pennsylvania, sebagai tersangka dalam percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump dalam sebuah rapat umum kampanye pada hari Sabtu. Tersangka ditembak dan dibunuh oleh Secret Service beberapa detik setelah ia diduga melepaskan tembakan ke arah panggung di mana Trump sedang berpidato di Butler, Pennsylvania. FBI mengatakan bahwa mereka sedang bekerja untuk menentukan motif serangan tersebut, di mana seorang peserta rapat umum tewas dan dua penonton lainnya terluka parah. Trump tertembak di bagian telinga.

Catatan pemilih negara bagian menunjukkan bahwa Crooks terdaftar sebagai anggota Partai Republik. Pemilu 5 November mendatang akan menjadi pertama kalinya Crooks cukup umur untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden.

Crooks tinggal sekitar satu jam dari lokasi penembakan di Butler. Administrasi Penerbangan Federal mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka menutup wilayah udara di atas Bethel Park karena "alasan keamanan khusus."

Saat Crooks berusia 17 tahun, ia memberikan sumbangan sebesar $15 kepada ActBlue, sebuah komite aksi politik yang menggalang dana untuk para politisi sayap kiri dan Demokrat, menurut pengajuan Komisi Pemilihan Federal tahun 2021. Donasi tersebut diperuntukkan bagi Progressive Turnout Project, sebuah kelompok nasional yang menggalang para anggota Partai Demokrat untuk memberikan suara. Kelompok-kelompok tersebut tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

Ayah Crooks, Matthew Crooks, 53, mengatakan kepada CNN bahwa dia mencoba mencari tahu apa yang terjadi dan akan menunggu sampai dia berbicara dengan penegak hukum sebelum berbicara tentang putranya.

Thomas Crooks lulus pada tahun 2022 dari Bethel Park High School, menurut Pittsburgh Tribune-Review. Dia menerima "penghargaan bintang" senilai $500 dari National Math and Science Initiative, menurut surat kabar tersebut.

Video upacara kelulusan tahun 2022 yang dikutip oleh New York Times menunjukkan Crooks menerima ijazah sekolah menengahnya yang disambut dengan tepuk tangan. Video dari upacara tersebut yang diposting secara online menunjukkan Crooks berkacamata dengan gaun kelulusan hitam dan berpose dengan seorang pejabat sekolah. Reuters tidak dapat segera memverifikasi keaslian video tersebut. Aparat penegak hukum mengatakan pada hari Sabtu bahwa Crooks tidak membawa tanda pengenal ke lokasi penembakan dan harus diidentifikasi dengan metode lain.

"Kami sedang melihat foto-foto saat ini dan kami mencoba untuk menjalankan DNA-nya dan mendapatkan konfirmasi biometrik," kata Kevin Rojek, agen khusus FBI yang bertanggung jawab, dalam sebuah konferensi pers.

USA Today melaporkan bahwa puluhan kendaraan penegak hukum ditempatkan di luar kediaman yang terdaftar di alamat yang tertera pada catatan pendaftaran pemilih Crooks. Agen-agen dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak berada di tempat kejadian dan tim penjinak bom berada di kediaman tersebut, USA Today melaporkan. Perimeter kediaman tersangka dijaga pada hari Minggu dengan pita peringatan polisi berwarna kuning. Sebuah kendaraan Polisi Alleghany County diparkir di luar.

"Ini adalah kegilaan bahwa ada orang yang melakukan ini," kata Dan Maloney, seorang penduduk berusia 30 tahun dari daerah tersebut seperti dikutip USA Today.Reuters tidak dapat segera mengidentifikasi akun media sosial atau posting online lainnya oleh Crooks. Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, tidak segera menanggapi pertanyaan apakah kedua platform tersebut telah menghapus akun-akun yang terkait dengan tersangka.

(Pelaporan tambahan oleh Brendan O'BrienPenyuntingan oleh Caitlin Webber dan Frances Kerry)
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More