Kecoh Iron Dome Israel, Serangan Pesawat Tak Berawak Houthi Hantam Tel Aviv

Jum'at, 19 Juli 2024 - 21:14 WIB
Sejumlah orang melihat mobil yang rusak di lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Jendela mobil yang rusak terlihat di dekat lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Limor Sagiv, 58, berdiri di samping kaca jendela yang pecah, di dekat lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel, 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Seorang pria melihat sebuah bangunan yang rusak di lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Seorang penyelidik memeriksa jendela bangunan yang rusak di lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Petugas darurat memeriksa puing-puing di lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
Para penyelidik memeriksa apa yang menurut juru bicara polisi tampaknya merupakan bagian dari perangkat udara, di lokasi ledakan, di tengah konflik Israel-Hamas di Tel Aviv, Israel 19 Juli 2024. REUTERS/Ricardo Moraes
click to zoom
TEL AVIV, 19 Juli (Reuters) - Sebuah serangan pesawat tak berawak jarak jauh buatan Iran menghantam pusat kota Tel Aviv pada Jumat dini hari dalam sebuah serangan yang diklaim oleh milisi Houthi yang berbasis di Yaman yang menewaskan satu orang dan melukai empat orang lainnya, kata militer dan layanan darurat Israel.

Ledakan tersebut, yang menurut rekaman video yang dibagikan di media sosial berasal dari laut dan tidak memicu alarm serangan udara, terjadi beberapa jam setelah militer Israel mengkonfirmasi bahwa mereka telah menewaskan seorang komandan senior milisi Hizbullah yang didukung oleh Iran di Libanon selatan.

Juru bicara militer, Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan bahwa militer menilai bahwa pesawat tak berawak yang menghantam sebuah bangunan di tepi pantai yang dekat dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Tel Aviv itu merupakan model Samad-3 buatan Iran yang telah ditingkatkan.

“Perkiraan kami, pesawat itu datang dari Yaman ke Tel Aviv,” katanya dalam sebuah konferensi pers.

Seorang juru bicara Houthi, yang seperti Hizbullah bersekutu dengan Iran, mengatakan bahwa kelompok tersebut telah menyerang Tel Aviv dengan pesawat tak berawak dan akan terus menargetkan Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina dalam perang Gaza.

Serangan tersebut, yang terjadi menjelang kunjungan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ke Washington minggu depan, kemungkinan akan meningkatkan kekhawatiran akan dampak lebih lanjut dari perang Gaza karena Houthi dan proksi Iran lainnya berpihak pada kelompok militan Palestina, Hamas.

Serangan tersebut, yang terjadi menjelang kunjungan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ke Washington minggu depan, kemungkinan besar akan meningkatkan kekhawatiran akan dampak lebih lanjut dari perang Gaza karena Houthi dan proksi Iran lainnya berpihak pada kelompok militan Palestina, Hamas.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant bertemu dengan para komandan militer untuk meninjau pertahanan udara dan mengatakan bahwa negara ini harus siap untuk semua skenario. “Kita harus siap untuk tindakan defensif dan ofensif,” katanya, menurut sebuah pernyataan dari kantornya.

Seorang pejabat Israel mengatakan bahwa militer masih menyelidiki mengapa pesawat tak berawak itu tidak memicu alarm, tetapi laporan awal menunjukkan bahwa pesawat itu teridentifikasi tetapi sirene tidak berbunyi karena kesalahan manusia.

“Kita berbicara tentang UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang besar yang dapat terbang dalam jarak yang jauh,” kata pejabat militer tersebut kepada para wartawan setelah serangan itu.

Militer mengatakan bahwa patroli udara telah ditingkatkan untuk melindungi wilayah udara Israel, namun mereka tidak memerintahkan langkah-langkah pertahanan sipil yang baru. Walikota Tel Aviv mengatakan bahwa kota tersebut, yang merupakan pusat ekonomi Israel, telah dipindahkan ke keadaan siaga tinggi.

Dalam beberapa jam setelah serangan hari Jumat, sirene berbunyi berulang kali di daerah-daerah yang dekat dengan perbatasan dengan Lebanon dan pertahanan udara Israel mencegat setidaknya satu target udara yang menyeberang ke Israel.

Juru bicara Houthi, Yahya Saree, menyebut Tel Aviv sebagai target utama “dalam jangkauan senjata kami”.

Dia mengatakan bahwa serangan itu dilakukan dengan menggunakan pesawat tak berawak baru yang disebut “Yafa”, yang menurutnya mampu melewati sistem pencegatan dan tidak terdeteksi oleh radar.

“Operasi ini telah mencapai tujuannya dengan sukses,” kata Saree dalam sebuah pidato yang disiarkan di televisi.

Layanan darurat Israel mengatakan bahwa mayat seorang pria berusia 50 tahun ditemukan di sebuah apartemen yang dekat dengan lokasi ledakan dan empat orang dibawa ke rumah sakit dengan luka pecahan peluru. Empat orang lainnya dirawat karena syok. Semuanya kemudian dibebaskan, kata layanan kesehatan.

Israel telah bertukar tembakan rudal dan artileri setiap hari dengan Hizbullah di sepanjang perbatasan utara dan di Lebanon selatan sejak dimulainya perang di Gaza, yang memicu kekhawatiran akan terjadinya konflik regional yang lebih luas jika situasinya meningkat.

Houthi juga telah meningkatkan serangan terhadap Israel dan target-target Barat, dengan mengatakan bahwa mereka bertindak sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina, setelah Israel menginvasi Jalur Gaza menyusul serangan tahun lalu oleh militan Hamas di Israel selatan.

Para pejuang yang dipimpin Hamas menyerbu kota-kota Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan membawa lebih dari 250 sandera kembali ke Gaza, menurut perhitungan Israel. Sejak saat itu, hampir 39.000 warga Palestina telah terbunuh dalam serangan Israel ke Jalur Gaza, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong tersebut.

(Pelaporan oleh James Mackenzie; pelaporan tambahan oleh Ahmed Elimam, Clauda Tanios, Avivit Delgoshen; Penyuntingan oleh Peter Graff dan Angus MacSwan)
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More