Kebakaran Hutan di Yunani Hanguskan Rumah dan Mobil Warga

Senin, 12 Agustus 2024 - 21:57 WIB
Seorang pria bereaksi saat sebuah rumah terbakar di desa Varnava selama kebakaran hutan, di utara Athena, Yunani, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan banyak wilayah di negara itu dalam keadaan siaga tinggi karena suhu tinggi dan kecepatan angin. (AP Photo/Michael Varaklas)
click to zoom
Sebuah rumah terbakar di desa Varnava selama kebakaran hutan, di utara Athena, Yunani, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan banyak wilayah di negara itu dalam keadaan siaga tinggi karena suhu tinggi dan kecepatan angin. (AP Photo/Michael Varaklas)
click to zoom
Sebuah rumah terbakar di desa Varnava selama kebakaran hutan, di utara Athena, Yunani, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan banyak wilayah di negara itu dalam keadaan siaga tinggi karena suhu tinggi dan kecepatan angin. (AP Photo/Michael Varaklas)
click to zoom
A car burns in Varnava village during a wildfire, north of Athens, Greece, Sunday, Aug. 11, 2024, with many regions of the country on high alert due to high temperatures and wind speeds. (AP Photo/Michael Varaklas)
click to zoom
Sebuah mobil terbakar di desa Varnava saat terjadi kebakaran hutan, di utara Athena, Yunani, Minggu, 11 Agustus 2024, dengan banyak wilayah di negara tersebut dalam keadaan siaga tinggi karena suhu dan kecepatan angin yang tinggi. (AP Photo/Michael Varaklas)
click to zoom
Kebakaran hutan terjadi di timur laut Athena pada hari Minggu, membuat langit menjadi gelap dan bau asap dan jelaga menyelimuti ibukota Yunani.
click to zoom
ATHENA, Yunani (AP) - Kebakaran hutan terjadi di timur laut Athena pada hari Minggu, membuat langit menjadi gelap dan bau asap dan jelaga menyelimuti ibukota Yunani.

Lebih dari 400 petugas pemadam kebakaran, 110 mobil pemadam kebakaran dan sejumlah besar sukarelawan memadamkan api, yang terjadi sekitar pukul 15.00 waktu setempat sekitar 35 kilometer (22 mil) dari Athena. Sebanyak 15 pesawat pemadam kebakaran dan sembilan helikopter beroperasi pada sore hari, namun berhenti saat matahari terbenam.

Api bergerak cepat menuju Danau Marathon, waduk penting yang memasok air ke Athena, kata Kolonel Pemadam Kebakaran Vassileios Vathrakogiannis, juru bicara pemadam kebakaran. Tidak diketahui berapa banyak rumah yang rusak.

Vathrakogiannis mengatakan bahwa angin mencapai kekuatan badai di area kebakaran dan kobaran api melebihi ketinggian 25 meter (80 kaki). Penduduk desa-desa di dekat area kebakaran telah diperingatkan melalui pesan teks darurat untuk mengungsi.

Pada sore hari, pesan juga dikirim ke penduduk di beberapa pinggiran kota Athena utara untuk melakukan hal yang sama. Polisi mengatakan bahwa mereka telah mengevakuasi lebih dari 200 orang, sebagian besar adalah para lansia dan lainnya yang tidak mengindahkan peringatan tersebut.

Kebakaran lain yang terjadi di sebelah barat Athena telah berhasil dipadamkan, kata juru bicara tersebut.

Cuaca panas dan kering, diperparah oleh angin kencang, meningkatkan bahaya kebakaran hutan. Bulan Juni dan Juli merupakan bulan-bulan terpanas yang pernah tercatat di Yunani, yang juga mengalami musim dingin terpanas yang pernah ada.

Baik ahli meteorologi maupun pejabat pemerintah telah memperingatkan bahaya kebakaran hutan yang meningkat karena kondisi cuaca dari hari Minggu hingga Kamis. Setengah dari negara itu akan berada di bawah "siaga merah," kata Menteri Krisis Iklim dan Perlindungan Sipil Vassilis Kikilias.
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More