Gelaran Seminar Keselamatan Nuklir dan Pameran Produk Nuklir 2024 Di ITPLN

Senin, 02 September 2024 - 18:05 WIB
Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir di Indonesia, Gelaran Seminar Keselamatan Nuklir 2024 Di ITPLN bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) menggelar acara bertajuk Seminar dan Pameran Keselamatan Nuklir 2024.
click to zoom
Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir di Indonesia, Gelaran Seminar Keselamatan Nuklir 2024 Di ITPLN bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) menggelar acara bertajuk Seminar dan Pameran Keselamatan Nuklir 2024.
click to zoom
Acara berlangsung pada 20-21 Agustus 2024 ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung Net Zero Emission 2060. Acara ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung Net Zero Emission 2060.
click to zoom
Dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan teknologi nuklir di Indonesia, Gelaran Seminar Keselamatan Nuklir 2024 Di ITPLN bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) menggelar acara bertajuk “Seminar dan Pameran Keselamatan Nuklir 2024”. Acara berlangsung pada 20-21 Agustus 2024 ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung Net Zero Emission 2060. Acara ini bertujuan untuk mendukung pengembangan energi rendah karbon sekaligus mendukung Net Zero Emission 2060.

Dengan tema besar “Peningkatan Keselamatan dan Keamanan Teknologi Nuklir untuk Mendukung Energi Rendah Karbon serta Memajukan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat”, seminar dan pameran ini akan menjadi wadah penting bagi para akademisi, praktisi, dan regulator dalam mendiskusikan serta memamerkan inovasi-inovasi terbaru di sektor tenaga nuklir.

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan utama, yaitu seminar yang digelar pada tanggal 20 Agustus 2024 dan pameran yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 20 hingga 21 Agustus 2024. Seminar Keselamatan Nuklir menampilkan sejumlah pembicara terkemuka yang akan membahas isu-isu strategis terkait keamanan dan pemanfaatan energi nuklir di Indonesia. Sementara itu, pameran produk nuklir dan poster ilmiah akan memperlihatkan berbagai inovasi serta teknologi terbaru dalam bidang nuklir yang relevan dengan tema acara.

Kegiatan ini diadakan di Kampus Institut Teknologi PLN, yang terletak di Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa MK, MT., IPU. bersama Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo.

Adapun partisipasi dari para pakar dalam dan luar negeri yaitu, Dewan Energi Nasional As Natio Lasman, Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) Bayu Wibisono, United States Pacific Northwest National Laboratory (US PNNL) Drew Christensen, United States Idaho National Laboratory (US-INL) Bob Anderson.

Adapun pameran yang dipenuhi oleh vendor yang bergerak di bidang tersebut antaralain:

1. PT Thorcon Power Indonesia

2. PT Bayu Air Filter (BAFR) Solution

3. PT GREENOVA DAYA PRIMA

4. PT NDT Instrument Indonesia

5. PT Pratita Prama Nugraha

6. PT Rel-ion Sterilization Services

7. PT Spektris metalab

8. PT SUCOFINDO

9. PT Poly Jaya Medikal

10.PT Forsta Kalmedic Globa

11.PT Global Onko Farma (Kalbe)

12.PT. Mulya Husada Jaya

13.PT Gamma Mitra Lestari

14.PT Gamma Mitra Lestari

15.PT GE Operation Indonesia

16.PT Asialab Indonesia (Alypz International Indonesia)

17.PT Maqass Techrad Indonesia

18. NuklindoLab – JKRL

19. DPFRZR BAPETEN

20. DPIBN BAPETEN

21. DKKN BAPETEN

22. Badiklat/DP2FRZR BAPETEN

Prof. Iwa menegaskan pentingnya seminar dan pameran ini sebagai bagian dari komitmen ITPLN dan BAPETEN dalam mendukung penggunaan teknologi nuklir yang aman dan ramah lingkungan. “Kami berharap acara ini tidak hanya meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya keselamatan dalam penggunaan teknologi nuklir, tetapi juga menginspirasi pengembangan inovasi-inovasi baru yang mendukung energi rendah karbon,” ujarnya.

Bapeten sebagai badan pengawas, juga menyatakan bahwa acara ini merupakan langkah strategis dalam memastikan bahwa teknologi nuklir yang berkembang di Indonesia sesuai dengan standar keselamatan internasional. Gelaran Seminar Keselamatan Nuklir 2024 Di ITPLN diketuai oleh Andi Makkulau ST., M.I.Kom., MT, juga merupakan sebuah wadah edukasi bagi masyarakat Indonesia yang belum mengetahui apa itu Energi Nuklir.

Acara ini merupakan kesempatan emas bagi semua pihak yang terlibat dalam sektor energi, terutama yang terkait dengan teknologi nuklir. Dengan topik-topik yang diangkat dalam seminar dan inovasi yang dipamerkan, diharapkan dapat memunculkan ide-ide baru serta solusi konkret untuk tantangan-tantangan yang dihadapi sektor energi di Indonesia.
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More