Rusia Memulai Latihan Angkatan Laut Besar-besaran Bersama Tiongkok

Rabu, 11 September 2024 - 10:56 WIB
Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia dan dirilis pada Selasa, 10 September 2024, rudal jelajah Kalibr jarak jauh diluncurkan oleh fregat Angkatan Laut Rusia Laksamana Golovko dari Armada Utara Rusia selama latihan angkatan laut berskala besar yang dinamai latihan Ocean-2024. (Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)
click to zoom
Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia dan dirilis pada Selasa, 10 September 2024, kapal fregat Angkatan Laut Rusia Laksamana Golovko dari Armada Utara Rusia bersiap meluncurkan rudal jelajah Kalibr jarak jauh dalam latihan angkatan laut berskala besar yang dinamai Ocean-2024. (Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via A
click to zoom
Dalam gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia dan dirilis pada Selasa, 10 September 2024 ini, para perwira Rusia bertugas di atas kapal korvet Angkatan Laut Rusia Aldar Tsydenzhapov selama latihan angkatan laut berskala besar yang dinamai latihan Ocean-2024. (Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia via AP)
click to zoom
Presiden Rusia Vladimir Putin ikut serta dalam awal fase aktif latihan angkatan laut berskala besar yang disebut latihan Ocean-2024 melalui konferensi video dari pusat kendali di Kremlin di Moskow, Rusia, Selasa, 10 September 2024. (Alexander Kazakov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
click to zoom
Militer Rusia pada hari Selasa meluncurkan latihan angkatan laut dan udara besar-besaran yang mencakup kedua belahan bumi dan melibatkan Tiongkok dalam manuver bersama.

Latihan “Ocean-24” mencakup Samudra Pasifik dan Arktik, Laut Mediterania, Laut Kaspia, dan Laut Baltik serta melibatkan lebih dari 400 kapal perang, kapal selam, dan kapal pendukung, lebih dari 120 pesawat terbang dan helikopter, serta lebih dari 90.000 tentara, demikian ungkap Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan. Manuver-manuver ini akan berlanjut hingga 16 September, kata kementerian tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah komentar kepada para pejabat militer bahwa latihan perang ini adalah yang terbesar dari jenisnya dalam tiga dekade terakhir, dan bahwa kapal-kapal perang dan pesawat-pesawat tempur China ikut ambil bagian. China mengkonfirmasi hal tersebut pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa angkatan laut kedua negara akan berlayar bersama di Pasifik, tetapi tidak memberikan rinciannya.

Sebanyak 15 negara telah diundang untuk mengamati latihan tersebut, kata Putin, tanpa menyebutkan nama mereka.

“Kami memberikan perhatian khusus untuk memperkuat kerja sama militer dengan negara-negara sahabat. Hari ini, dalam konteks meningkatnya ketegangan geopolitik di dunia, hal ini sangat penting,” kata Putin.

Pemimpin Rusia itu menuduh Amerika Serikat “berusaha mempertahankan dominasi militer dan politik globalnya dengan cara apa pun,” dan berusaha “memberikan kekalahan strategis” kepada Rusia dalam perangnya dengan Ukraina serta “merusak arsitektur keamanan dan keseimbangan kekuatan yang sudah mapan di kawasan Asia-Pasifik.”

“Dengan dalih untuk melawan ancaman Rusia yang diduga ada dan menahan Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat dan satelit-satelitnya meningkatkan kehadiran militer mereka di dekat perbatasan barat Rusia, di Arktik, dan di kawasan Asia-Pasifik,” kata Putin, seraya menekankan bahwa ”Rusia harus siap menghadapi perkembangan situasi apa pun.”

Rusia dan Cina, bersama dengan kritikus AS lainnya seperti Iran, telah menyelaraskan kebijakan luar negeri mereka untuk menantang dan berpotensi menjungkirbalikkan tatanan demokrasi liberal yang dipimpin oleh Barat.

Dengan latihan bersama, Rusia telah meminta bantuan Tiongkok untuk mencapai tujuan yang telah lama didambakan untuk menjadi kekuatan Pasifik, sementara Moskow telah mendukung klaim teritorial Tiongkok di Laut Cina Selatan dan di tempat lain.

Menteri Pertahanan Rusia Andrei Belousov mengatakan bahwa latihan itu bertujuan untuk melatih “menangkis agresi berskala besar dari musuh potensial dari arah laut, memerangi kapal tanpa awak, kendaraan udara tanpa awak, mempertahankan pangkalan angkatan laut, melakukan operasi amfibi, dan mengawal transportasi.”
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More