Astra melalui YDBA dan PAMA Terus Perkuat Kemandirian UMKM di Paser

Senin, 16 September 2024 - 10:51 WIB
Pemilik UMKM Perikanan Mutiara Bersama Fish Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Sufuan Hadi (tengah) didampingi Koordinator Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka, Rusdi Asri (kiri) saat menunjukkan proses budidaya lele yang dilakukannya kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio (kedua kanan), Bendahara Pengurus YDBA Agung K. Sampurno (kanan), Advisor YDBA Tonny Sumartono (kedua kiri) dan CSR Section Head PAMA Suryadi (kanan) dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur pada awal pekan ini.
click to zoom
Pemilik UMKM Kuliner Resya Cake Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Rusliana (ketiga kanan) saat menjelaskan bisnis kulinernya kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio (ketiga kiri), Bendahara Pengurus YDBA Agung K. Sampurno (kiri), Advisor YDBA Tonny Sumartono (kedua kiri), Deputy Project Manager PAMA Site Kideco Nanang Yusanto (kiri) dan CSR Section Head PAMA Suryadi (kedua kanan) dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur pada awal pekan ini.
click to zoom
Ketua Galeri Mamere Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Flora Marina Yuliawati (kedua kanan) saat menunjukkan berbagai produk UMKM yang dipasarkan di Galeri Mamere kepada kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio (tengah), Bendahara Pengurus YDBA Agung K. Sampurno (kanan), Advisor YDBA Tonny Sumartono (ketiga kanan), CSR Section Head PAMA Suryadi (ketiga kiri) dan Kabid Bea Cukai Wilayah Kalimantan Timur Nugroho (kedua kiri) dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur pada awal pekan ini.
click to zoom
Pemilik UMKM Kuliner Resya Cake Binaan Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (PAMA), Rusliana (kiri) saat menunjukkan proses produksi pembuatan produk kuliner milikinya kepada Sekretaris Pengurus YDBA Ema Poedjiwati Prasetio (ketiga kiri), Bendahara Pengurus YDBA Agung K. Sampurno (kedua kanan), Advisor YDBA Tonny Sumartono (kedua kiri), Deputy Project Manager PAMA Site Kideco Nanang Yusanto (ketiga kanan) dan CSR Section Head PAMA Suryadi (kanan) dalam kegiatan #UMKMSiapBeraksi di Paser, Kalimantan Timur pada awal pekan ini.
click to zoom
PASER - Untuk mendukung kegiatan pembinaan UMKM di sekitar jejaring grup Astra, Astra melalui YDBA juga berkomitmen untuk berkolaborasi menjalankan pembinaan UMKM, salah satunya di wilayah kerja PT Pamapersada Nusantara (PAMA) site Kideco dengan mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka (LPB PDT) yang berlokasi di wilayah Paser, Kalimantan Timur.

Sejak didirikan pada tahun 2013, LPB PDT terus menunjukkan pencapainnya dalam membina UMKM di wilayah Paser, khususnya di wilayah Kecamatan Batu Sopang Desa Batu Kajang, Kasungai, Legai, Samurangau, Sungai Terik, Songka dan Kecamatan Muara Samu Desa Rantau Bintungan, Biu serta Desa Muser.

Saat ini LPB PDT telah membina 284 UMKM di sektor kuliner, hortikultura, bengkel Roda 2, perikanan juga perkebunan, Pembinaan dilakukan YDBA dan Pama melalui LPB bukan hanya pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan pembiayaan, tetapi LPB juga mendukung/ memfasilitasi perizinan UMKM, salah satunya di sektor kuliner. Sebanyak 77 UMKM kuliner telah mendapatkan

perizinan usaha yang difasilitasi LPB, baik Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga sertifikasi halal.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana pencapaian UMKM yang telah mendapatkan program pembinaan, pada 10 September 2024 lalu, YDBA bersama PAMA dan beberapa stakeholder baik dari Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Tim Bea Cukai Kalimantan

Bagian Timur melakukan kunjungan ke UMKM binaan di wilayah Paser, Kalimantan Timur yang dikemas dalam progam #UMKMSiapBeraksi.

Beberapa UMKM yang dikunjungi, antara lain UMKM Kuliner Resya Cake, Galeri Mamere dan UMKM Perikanan Mutiara Bersama Fish.

Kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan kegiatan penandatanganan komitmen kolaborasi yang melibatkan UMKM Pertanian binaan LPB PDT yang dipercaya memasok hasil budidaya pertanian hortikulturanya ke sektor catering, yaitu PT Titunggal Hasta Brata, PT Tanjung Paser Abadi dan PT Bali Indah Nusantara.
(rat)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More