Literasi Keuangan dan Asuransi Syariah di Indonesia

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 14:27 WIB
Sesi Presentasi Rina Elvi Roza, Chief Actuary Officer, Prudential Syariah pada program Taklim Manajemen Harta Syariah (TAMARASYA) di Anjungan Kepulauan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
click to zoom
Kiri ke kanan Ir. Adiwarman Azwar Karim, SE, MBA, MAEP, Konsultan Syariah dan Ekonom, dan Rina Elvi Roza, Chief Actuary Officer, Prudential Syariah berdiskusi pada program Taklim Manajemen Harta Syariah (TAMARASYA) di Anjungan Kepulauan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
click to zoom
Kiri ke kanan Drs. H. Abu Hurairah, Direktur Utama LAZNAZ Al Azhar, Rina Elvi Roza, Chief Actuary Officer, Prudential Syariah, dan Ir. Adiwarman Azwar Karim, SE, MBA, MAEP, Konsultan Syariah dan Ekonom, berfoto bersama pada program Taklim Manajemen Harta Syariah (TAMARASYA) di Anjungan Kepulauan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
click to zoom
PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Al-Azhar menyelenggarakan program ”Taklim Manajemen Harta Syariah (TAMARASYA)” di Anjungan Kepulauan Riau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak keluarga Indonesia yang memahami prinsip-prinsip keuangan syariah dan asuransi syariah secara komprehensif, baik dari segi akad, landasan syariah, produk, manfaat, maupun risikonya, sehingga turut mendorong tingkat literasi keuangan dan asuransi syariah di Indonesia.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan oleh OJK 2024 menunjukkan, indeks literasi keuangan konvensional berada di angka 65,09%, sedangkan literasi keuangan syariah baru mencapai 39,11%. Sementara itu, tingkat literasi asuransi syariah di Indonesia hanya mencapai 3,99%, jauh lebih rendah dibandingkan literasi asuransi konvensional yang mencapai lebih dari 45 persen.

Pada kegiatan tersebut, para peserta acara dibekali dengan pengetahuan akan prinsip dasar keuangan syariah, terkait peninggalan berharga untuk anak dan keluarga. Penerapan prinsip dasar keuangan syariah dalam keseharian dapat membantu keluarga dalam menjaga kondisi finansial dan mempersiapkan masa depan yang tercukupi. Dalam hal penerapan keuangan syariah, asuransi syariah juga memiliki peranan yang dapat dimaksimalkan untuk mempersiapkan masa depan keluarga Indonesia.
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More