Hari Ketujuh, Basarnas Lanjutkan Pencarian Korban dan Bangkai Pesawat Sriwijaya SJ182

Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:55 WIB
Petugas gabungan membersihkan tempat yang digunakan untuk meletakkan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 di area Posko Pencarian JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/1/2021).
click to zoom
Papan informasi menunjukkan langkah-langkah pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 hari ini atau hari ketujuh.
click to zoom
Hari ini hanya ada beberapa kapal yang disiapkan untuk mendukung pencarian bersandar di dermaga. Antara lain Kapal Republik Indonesia (KRI) I Gusti Ngurah Rai-332, dan KN Karna.
click to zoom
Hari ini petugas gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri, dan lainnya akan melanjutkan pencarian korban Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Pantauan MNC Portal Indonesia di Dermaga JICT Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (15/1/2021) pagi ini hanya ada beberapa kapal yang disiapkan untuk mendukung pencarian bersandar di dermaga. Antara lain Kapal Republik Indonesia (KRI) I Gusti Ngurah Rai-332, dan KN Karna.

Sementara itu, pada papan pengumuman diberitahukan mengenai beberapa rencana operasi SAR yang akan dilakukan pada hari ini. Pertama adalah pencarian udara yang akan dilakukan di 3 sektor. Ketiganya meliputi sektor I, yakni ketinggian 1.000 kaki di area ditemukannya serpihan bangkai pesawat, sektor II di 1.500 kaki, dan sektor III di ketinggian 1.000 kaki. Kemudian pencarian permukaan akan dilakukan pada 6 sektor, dan terakhir pencarian bawah laut yang akan dilakukan di 4 sektor.

Adapun keempat sektor tersebut rinciannya adalah, SRU (Search and Rescue Unit) udara melaksanakan pencarian sesuai search area yang sudah ditentukan. Kemudian SRU laut akan melaksanakan pencarian di atas permukaan air sesuai search area yang sudah ditentukan.

Kemudian SRU laut juga akan melaksankan pencarian di bawah permukaan air menggunakan Side Sonar, MBES, Ping Locator dan ROV. Kemudian yang terakhir penyelamatan akan dilakukan di sekitar area penemuan Body Part, FDR, dan serpihan pesawat (debris).

Foto/MPI/Giri Hartomo
(rat)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More