Keseruan Sandiaga Uno dan Cinta Laura di Desa Wisata Cibuntu

  • Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama publik figur Cinta Laura belajar membuat kerajinan tradisional saat mengunjungi Desa Wisata Cibuntu dalam rangka Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 bertajuk Indonesia Bangkit, di Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (31/05/2021).
  • Penyambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama Cinta Laura di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.
  • Menteri Sandiaga Uno dan Cinta Laura mencoba terapi ikan yang ada di kawasan Desa Wisata Cibuntu.
  • Wisata Desa Cibuntu memiliki daya tarik wisata berupa air terjun, kolam renang, dan camping ground dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas yang lengkap
  • (kiri ke kanan) Public Figure Cinta Laura, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, penyanyi dangdut asal Kabupaten Kuningan Ega Noviantika dan Bupati Kuningan Acep Purnama saat berdiskusi dengan awak media disela-sela kunjungan ke Desa Wisata Cibuntu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) bersama publik figur Cinta Laura belajar membuat kerajinan tradisional saat mengunjungi Desa Wisata Cibuntu dalam rangka Sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 bertajuk Indonesia Bangkit, di Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Senin (31/05/2021). Setelah mengunjungi 3 desa wisata sebelumnya yaitu desa wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang, desa wisata MAS Ubud Bali dan desa wisata Tugu Selatan Cisarua Bogr, kali ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke desa wisata yang berada di kaki gunung Ceremai yaitu desa wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Desa Cibuntu, Kabupaten Kuningan di pilih dalam kegiatan sosialisasi ini karena Desa Cibuntu dikenal sebagai juara di level ASEAN untuk pariwisata.Desa Wisata Cibuntu pernah menyabet sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. Selain itu, pada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Desa Cibuntu memiliki daya tarik wisata berupa air terjun, kolam renang, dan camping ground dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Atraksi budaya juga menjadi daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh Desa Cibuntu adalah tarian penyambutan pengunjung. Selain itu daya tarik lainnya berupa suvenir kriya, yaitu produk-produk kesenian yang terbuat dari pemanfaatan limbah kayu. Kawasan ini juga banyak tersedia homestay, sebagai tempat istirahat dan penginapan untuk wisatawan.

Acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan mengusung 7 (Tujuh) kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar, diantaranya CHSE,Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet. Dimana kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitasyang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

(bon)
Top