Tangan Diikat dan Berbaju Tahanan, Buronan Adelin Lis Tiba di Indonesia

  • Buronan (DPO) kasus pembalakan liar, Adelin Lis tiba di Bandara Soetta, Banten.
  • Adelin tiba di Kejagung dengan tangan terikat dan berbaju tahanan serta dikawal sejumlah petugas.
  • Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal menggelar konferensi pers (konpers) malam ini terkait pemulangan buronan kasus pembalakan liar hutan, Adelin Lis.
  • Buronan (DPO) kasus pembalakan liar, Adelin Lis tiba di Bandara Soetta, Banten, Sabtu (19/6/2021).

Buronan (DPO) kasus pembalakan liar, Adelin Lis tiba di Bandara Soetta, Banten, Sabtu (19/6/2021). Adelin tiba di Kejagung dengan tangan terikat dan berbaju tahanan serta dikawal sejumlah petugas.

Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal menggelar konferensi pers (konpers) malam ini terkait pemulangan buronan kasus pembalakan liar hutan, Adelin Lis.

Adelin Lis terlibat kasus pembalakan liar dan dijatuhi hukuman 10 tahun serta bayar denda lebih Rp 110 miliar oleh Mahkamah Agung pada 2008. Namun dia melarikan diri dan kemudian memalsukan paspor dengan menggunakan nama Hendro Leonardi.

Dalam pelariannya dia pada tahun 2018 dia tertangkap imigrasi Singapura karena sistem data di Imigrasi Singapura menemukan data yang sama untuk dua nama yang berbeda. Setelah dipastikan bahwa dua orang tersebut sama.

Di persidangan Adelin Lis mengaku bersalah. Atas dasar itu Pengadilan Singapura pada 9 Juni 2021 menjatuhi hukuman denda S$ 14.000 yang dibayarkan dua kali dalam periode satu minggu, mengembalikan paspor atas nama Hendro Leonardi kepada Pemerintah Indonesia, dan mendeportasi kembali ke Indonesia.

FOTO Dok Kejagung

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top