Hasnaeni: Anis Baswedan dan Menkes Harus Sediakan Payung Sebelum Hujan

  • Ketua Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) Hasnaeni menyesalkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Pemakaman khusus Covid-19 di TPU Pondok Ranggon.
  • Petugas medis memindahkan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 untuk mendapatkan perawatan intensif di RS Polri Kramatjati, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) Hasnaeni menyesalkan lonjakan kasus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia. Sebab, seharusnya pemerintah pusat dan daerah belajar dari pengalaman yang ada, sehingga kondisi itu tak terjadi.

"Covid ini bukan hal baru. Jadi seharusnya pemerintah sudah memahami polanya. Sudah bisa sedia payung sebelum hujan seharusnya," kata Hasnaeni, Selasa (29/6).

Pemerintah, kata dia bisa belajar dari pengalaman yang ada. Misalnya pengalaman lonjakan kasus positif pada libur panjang, atau masa liburan sebelumnya. "Kan sebelumnya sudah pernah kejadian. Harusnya pemerintah dan pihak terkait lainnya seperti Satgas, bisa belajar dari situ," kata Hasnaeni.

Indonesia, juga bisa belajar dari pengalaman negara lain. Misalnya lonjakan kasus Covid di negara lain, seperti di India, Brasil, dan Italia.

"Juga bisa belajar dari negara-negara yang sukses menangani pandemi seperti Singapura, China. Bahkan Amerika Serikat yang kasus Covid-nya nomor satu, tapi kini warganya sudah bisa tak memakai masker di tempat publik, karena sudah separuh lebih warganya divaksin. Sehingga herd immunity sudah tercapai mungkin," paparnya.

'Wanita Emas', sapaan Hasnaeni, kembali mengutarakan kekecewaannya terhadap situasi pandemi yang memburuk. Ia mengakui, persoalan ini bukan hanya kesalahan pemerintah semata. "Memang masyarakat juga banyak yang tak disiplin. Tapi harusnya pemerintah bisa lebih tegas dalam memberlakukan sebuah kebijakan," tandasnya.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top