Misteri Sumber Tetek, Situs Terlarang Bagi Wanita Yang Sedang Menstruasi

  • Sumber air mengalir dari patung Dewi Laksmi dan patung Dewi Sri di Candi Belahan atau Sumber Tetek, di Dusun Belahanjowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.
  • Pengunjung saat mendatangi Candi Belahan atau Sumber Tetek.
  • Petirtaan bersejarah yang terletak di sisi timur Gunung Penanggungan yang konon berusia sekitar satu milenium (10 abad) tersebut menyimpan misteri atau mitos yang hingga saat masih kental di masyarakat.
  • Dibalik eksotika dan segarnya air kehidupan Candi Belahan, terdapat mitos berupa larangan mandi atau bermain air pada kolam Candi Sumber Tetek.
  • Bagi wanita yang sedang menstruasi dipercaya dapat memberikan kesialan. Disisi lain, keberadaan candi ini menjadi penopang kebutuhan air bagi masyarakat pegunungan saat musim kemarau tiba.
  • Bagi wanita yang sedang menstruasi dipercaya dapat memberikan kesialan. Disisi lain, keberadaan candi ini menjadi penopang kebutuhan air bagi masyarakat pegunungan saat musim kemarau tiba.
  • Sumber air mengalir dari patung Dewi Laksmi dan patung Dewi Sri di Candi Belahan atau Sumber Tetek, di Dusun Belahanjowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/9/2021).

Sumber air mengalir dari patung Dewi Laksmi dan patung Dewi Sri di Candi Belahan atau Sumber Tetek, di Dusun Belahanjowo, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/9/2021). Petirtaan bersejarah yang terletak di sisi timur Gunung Penanggungan yang konon berusia sekitar satu milenium (10 abad) tersebut menyimpan misteri atau mitos yang hingga saat masih kental di masyarakat.

Dibalik eksotika dan segarnya air kehidupan Candi Belahan, terdapat mitos berupa larangan mandi atau bermain air pada kolam Candi Sumber Tetek. Bagi wanita yang sedang menstruasi dipercaya dapat memberikan kesialan. Disisi lain, keberadaan candi ini menjadi penopang kebutuhan air bagi masyarakat pegunungan saat musim kemarau tiba.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top