Perusahaan yang Berkomitmen pada Masalah Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Raih Award diajang ISDA

    Corporate Forum for CSR Development (CFCD) kembali menggelar Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021 atau ajang pemberian award terbesar di Indonesia sebagai peran serta korporasi dalam mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan atau SDG's yang berlangsung di Hotel JS Luwansa dikawasan HR Rasuna Said, Jakarta selatan.

    Menurut Ketua umum CFCD Ir. Thendri Supriatno MBA, dengan kembali digelarnya ISDA sesungguhnya merupakan bagian kecil dalam upaya mengedukasi korporasi yang memiliki sumber daya yang begitu besar agar ada keseimbangan dalam pembangunan ekonomi, sosial serta kesadaran akan lingkungan atau yang dikenal dengan istilah pembangunan yang berkelanjutan (SDG's).

    "Penilaian dan pemberian award itu penting diberikan bagi korporasi yang melakukan penghematan energi, melakukan konservasi lingkungan, melakukan kegiatan sosial di masyarakat serta berbagai hal positif lainnya. Dengan digelarnya ISDA tentunya korporasi akan berlomba-lomba dalam memberikan hal terbaik kepada masyarakat sekitar" ungkap Thendri.

    Dengan semakin banyaknya perusahaan yang berpartisipasi dalam memenuhi 17 tujuan pembangunan yang berkelanjutan, maka mulai ISDA yang ke-IV, CFCD lanjut Thendri memberikan award yang dinamakan most commited.

    Pada kesempatan yang sama menurut Sekjen CFCD yang juga merangkap steering committe Ir. Suharman Noerman, ISDA 2021 diikuti oleh sebanyak 80 perusahaan dengan berbagai latar belakang bidang usaha serta 19 perorangan yang sedang menjalankan 201 program yang tengah dijalankan.

    Pada ISDA 2021, CFCD ungkap Suharman juga memodifikasi beberapa kategori serta menambah satu kategori berupa penilaian terhadap korporasi atau perusahaan.

    "Selama ini baik ISDA I, II dan III cenderung hanya menilai kontribusi korporasi pada eksternal stakeholder. Namun mulai ISDA ke-IV, CFCD juga menilai betapa pentingnya kategori korporasi yang berbuat secara internal bagi perusahaannya dan berdampak pada SDG's atau pembangunan berkelanjutan" ungkap Suharman selepas pembagian award.

    Kegiatan penghematan energi maupun pengelolaan limbah yang dilakukan secara serius oleh sebuah korporasi bagi kepentingan internal lanjut Suharman menjadi kategori yang juga penting untuk dinilai karena performa tanggung jawab sosial sebuah perusahaan akan kian baik.

    Selama pelaksanaan ISDA I hingga ISDA IV, tandas Suharman ada perusahaan-perusahaan besar yang selalu mendapat award dan berimbas dalam menjaga citra atau branding yang baik.

    "Adapun perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya meliputi Kaltim Prima Coal (KPC), Kideco, Pertamina, PLN, beberapa perusahaan tambang yang sedang naik daun, Chandra Asri dari manufakturing industri serta beberapa perusahaan lainnya", ujar Suharman.

    Seperti diketahui sebelumnya dalam ISDA 2021, CFCD memberikan 5 penghargaan dengan kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's On Social Pillar'. Adapun penghargaan tersebut diraih oleh PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Pertamina (Persero), PT Borneo Indobara serta PT Kebangkitan Jawa Bali.

    Adapun penghargaan dengan kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's on Economy Pillar' juga diberikan kepada 5 perusahaan yang meliputi PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Pertamina (Persero), PT Pembangkitan Jawa-Bali serta PT PLN (Persero).

    Untuk kategori 'The Most Committed Corporate for SDG's on Environment Pillar' CFCD memberikannya pada 8 perusahaan yang terdiri dari PT Kideco Jaya Agung, PT Kaltim Prima Coal, PT Borneo Indobara, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Pamapersada Nusantara, PT Arutmin Indonesia, PT Pertamina (Persero) serta PT PLN (Persero).

    (sra)
    TULIS KOMENTAR ANDA!
    Top