alexa snippet

Diktator Mugabe Mundur, Rakyat Zimbabwe Bersorak

  • Kegembiraan rakyat Zimbabwe setelah Mugabe mundur .
  • Warga menari dan bersorak merayakan kemenangan setelah Presiden Zimbabwe mundur dari jabatannya.
  • Mugaber berkuasa selama 37 tahun dan merupakan presiden telama di benua Afrika.
  • Menari dan membunyikan klakson mobil merayakan pengunduran diri Mugabe.
  • Warga Zimbabwe merayakannya setelah Presiden Robert Mugabe mengundurkan diri di Harare, Zimbabwe, 22 November 2017. REUTERS / Pilimon Bulawayo

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menyatakan mundur sebagai presiden terhitung sejak Selasa (21/11/2017) setelah berkuasa selama 37 tahun. Pengungunduran diri Mugabe dibacakan juru bicara Parlemen Zimbabwe Jacob Mudenda.
Mugabe merupakan presiden terlama di benua Afrika, pengunduran diri penguasa berusia 92 tahun ini mengakhiri krisis politik terburuk di Zimbabwe sejak negara ini merdeka dari Inggris pada 1980.
Dilansir dari Reuters kegembiraan terjadi di gedung parlemen dan di luar gedung, dimana rakyat menari dan klakson-klakson kendaraan dibunyikan menandakan kegembiraan atas berakhirnya rezim Mugabe. 
Sebelumnya militer menjadikan Mugabe sebagai tahanan di rumahnya setelah dugaan kudeta merebak. Langkah militer tersebut diklaim untuk menyelesaikan krisis politik setelah Mugabe memecat Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa dan mempersiapkan istrinya Grace, sebagai wakil presiden dan akan menjadi Presiden mengantikan Mugabe. REUTERS / Pilimon Bulawayo



(bon)

Top