alexa snippet

Berkunjung Ke Masjid Terbesar di Taiwan

  • Prasasti Taipei Grand Mosque atau sering disebut Masjid Agung Taipei.
  • Ruang salat di Masjid Agung Taipei
  • Ruang salat di Masjid Agung Taipei
  • Tersedia Alquran dan terjemahan dari berbagai bahasa di perpustakaan masjid.
  • Masjid Agung Taipei tidak dibuka sepanjang 24 jam tapi hanya pada saat jam salat, salat Jumat dan ketika ada kegiatan di masjid.
  • Pengelola masjid memberikan penjelasan kepada pengunjung.
  • Warga setempat swafoto di depan Masjid Agung Taipei
  • Pengurus Masjid Agung Taipei dan peserta China Airlines Wisata Halal Fam Trip berfoto bersama di depan masjid di sela kunjungan
  • Pengunjung melintas di depan Masjid Agung Taipei.

Taipei Grand Mosque atau sering disebut Masjid Agung Taipei merupakan mesjid terbesar di Taiwan. Terletak di Distrik DaanKota Taipei, masjid ini merupakan bangunan Islam terpenting di Taiwan dan dicatat sebagai landmark bersejarah pada 26 Juni 1999 oleh pemerintahan Kota Taipei.

Pembangunan dilakukan pemerintah Taiwan dengan bantuan Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi dan diselesaikan 13 April 1960. Bangunan masjid didesain arsitek ternama Yang Cho-cheng, yang juga membangun Hotel Yuanshan dan Balai Peringatan Chiang Kai-shek.

Masjid bersejarah bagi umat muslim Taiwan ini juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan dan pendidikan studi Islam bagi muslim yang tinggal di Kota Taipei serta kerap digunakan sebagai tempat berkumpul dan silaturahmi muslim Taiwan.

Bangunan yang menempati lahan seluas 2.747 meter persegi ini dibangun dengan gaya arsitektur Timur Tengah. Terdapat dua buah menara yang ketinggiannya mencapai 20 meter pada sisi masjid. Ruangan terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi ruang salat, aula resepsi, kantor, perpustakaan dan ruang wudhu.

Kepopuleran masjid ini di kalangan wisatawan membuat pengelola menyediakan tur bagi siapapun yang ingin mengenal masjid ini lebih dalam. Jadwal tur terbagi menjadi dua, hari Senin dan Selasa khusus bagi pengunjung dari institusi pendidikan. Sementara untuk pengunjung umum, tur gratis tersedia setiap Jumat dan akhir pekan.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan Taipei Grand Mosque karena letaknya di tengah kota. Pengunjung bisa menggunakan MRT menuju Guting Station diteruskan dengan berjalan sekitar 10 menit menuju Xinsheng South Road, Da-an District, lokasi di mana masjid berada.



(ary)

Top