alexametrics

Gunung Merapi Meletus, Abu Vulkanik Capai 5.500 Meter

  • Pemandangan Gunung Merapi setelah erupsi freatik seperti yang terlihat dari desa Donoharjo, dekat Yogyakarta, di pulau Jawa, Indonesia 11 Mei 2018. REUTERS / Dwi Oblo
  • Letusan melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. Letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. REUTERS/media sosial. Masyanto Wignyosaputro
  • Gunung Merapi memuntahkan abu vulkanik setinggi 5.500 meter dari puncak kawah yang terletak di Kabupaten Klaten, Magelang, Boyolali dan Selaman, Jawa Tengah, Jumat (11/05/2018). REUTERS/Media sosial Syafa Art.

Gunung Merapi memuntahkan abu vulkanik setinggi 5.500 meter dari puncak kawah yang terletak di Kabupaten Klaten, Magelang, Boyolali dan Selaman, Jawa Tengah, Jumat (11/05/2018). Letusan disertai suara gemuruh dengan tekanan sedang hingga kuat.

Letusan melontarkan abu vulkanik, pasir dan material piroklatik. Letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan adalah letusan freatik yang terjadi akibat dorongan tekanan uap air yang terjadi akibat kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi.

Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapan saja pada gunung aktif, dan biasanya hanya berlangsung sesaat.

Saat letusan terjadi setidaknya lebih dari seratus orang pendaku tengah berada di puncak dengan kondisi selamat. REUTERS/Media sosial Syafa Art.

(bon)
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak