Ketum PP Hikmahbudhi Apresiasi Pemerintah dan Polri dalam Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik

  • Petugas saat mengatur Lalu lintas.di kawasan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022) yang lalu.
  • Petugas saat mengatur Lalu lintas di kawasan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Ketum PP Hikmahbudhi Wiryawan mengapresiasi pemerintah dan POLRI dalam pengamanan arus mudik dan arus balik.

JAKARTA-- Kelancaran Arus Mudik dan Arus Balik pada lebaran 2022 ini sangat membantu masyarakat Indonesia, hal ini tidak lepas dari peran Polri dalam melakukan upaya rekayasa lalu lintas.

Berbagai kebijakan Polri terkait arus mudik dan balik pada Lebaran 2022 dinilai cukup berhasil mengantisipasi potensi kemacetan parah yang sempat dikhawatirkan publik. Kinerja jajaran Polri yang menjadi ujung tombak strategi layanan arus mudik dan balik Lebaran layak diapresiasi.

Ketua Umum PP Hikmahbudhi Wiryawan, mengatakan langkah Korps Bhayangkara dalam mengatur arus mudik dan arus balik mudik Lebaran 2022 patut diacungi jempol. Hal ini dapat kita lihat dari langkah Polri mengawal arus mudik lebaran ini sangat dirasakan oleh masyarakat. "Tantangan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022 relatif lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Wiryawan, Sabtu (15/5).

Euforia masyarakat yang dua tahun terakhir dilarang mudik untuk kembali ke kampung halaman sangat tinggi. Bahkan dari awal pemerintah telah memprediksi puluhan juta jiwa di perantauan akan berlebaran di kampung halaman masing-masing.

Wiryawan mencontohkan sebagian langkah Polri misalnya dengan skema rekayasa lalu lintas sangat berhasil dalam mengurai kemacetan dan kepadatan, serta kebijakan ganjil genap, lawan arus (contraflow) dan One Way (satu arah) yang membuat kepadatan jalan raya menjadi berkurang.

"Kondisi ini dinilai telah diantisipasi dengan baik oleh Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., sebagai pemangku kepentingan terkait. Berbagai strategi pun dilakukan Polri, hingga kekhawatiran masyarakat terkait akan adanya deadlock lalu lintas pun tidak terjadi," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Wiryawan mengumgkapkan pengawalan Polri dalam arus mudik tahun 2022 ini terlihat lebih baik, lebih lancar. Itu merupakan hasil kerja keras seluruh anggota Polri yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Meskipun arus mudik tahun ini jauh sangat padat, mengingat tahun ini merupakan mudik pertama setelah dua tahun. "Namun seperti tak menjadi halangan bagi kepolisian untuk menangani hal tersebut," ungkap Wiryawan.

Di sisi lain, kami menilai suksesnya arus mudik tahun 2022 ini juga karena dukungan dari ketersediaan infrastruktur yang memadai berkat Presiden Jokowi yang telah mempersiapkan infrastruktur transportasi yang sangat baik, sehingga memberikan efek luar biasa bagi masyarakat luas. Dimana manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat, pemudik juga merasakan

kemudahan dan kelancaran dalam malaksanakan perjalanan dengan pembangunan infrastruktur yang masif, membuat arus mudik dan balik lebaran tahun ini lancar.

"Dapat kita lihat bersama walaupun masih ada terjadinya kemacetan di beberapa ruas tol atau non tol, hal ini tidak berlangsung lama karena ketersediaan infrastruktur & transportasi sehingga mampu menjauhkan masyarakat dari kepadatan dan kemacetan. Oleh dari itu kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan POLRI khususnya dalam staregi pengawalan mudik Lebaran 2022 atas keberhasilan tekait arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar," tandasya.

Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi arena pembangunan infrastruktur yang masif dan ketersedian transportasi masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan mudik lebaran.

"Kami juga haturkan ucapan terimakasih kepada Kapolri dan jajarannya yang begitu perhatian dan peduli sampai harus meninggalkan keluarga untuk berjibaku di jalanan dalam mengatur lalu lintas, bahkan menjaga keamanan dan ketertiban kami selaku masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 2022.

Peran dan stategi Polri dalam rangka manajemen arus mudik maupun arus balik kami nilai sukses dan berjalan baik," katanya.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top