alexametrics

Sidakangen Ngartun Sambut HUT Ke-73 Kemerdekaan di Purbalingga

  • Acara juga dimeriahkan dengan festival kuliner lokal dari masyarakat untuk masyarakat. Ada sekitar 10 jenis kuliner lokal yang dimasak oleh ibu-ibu Sidakangen.
  • Ratusan anak-anak mengikuti lomba menggambar.
  • Selain itu, ada 500 buku yang dibagikan ke masyarakat. Seluruh buku itu digantungkan di 5 pohon "Pohon Ilmu" yang mewakili setiap sila Pancasila.
  • Acara juga dimeriahkan dengan festival kuliner lokal dari masyarakat untuk masyarakat. Ada sekitar 10 jenis kuliner lokal yang dimasak oleh ibu-ibu Sidakangen.
  • Sejumlah anak mengikuti lomba mengambar bertema "Gotong Royong" yang diikutin lebih dari 200 anak murid TK dan SD pada ajang Sidakangen Ndi Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (12/08/2018).

Sejumlah anak mengikuti lomba mengambar bertema "Gotong Royong" yang diikutin lebih dari 200 anak murid TK dan SD pada ajang Sidakangen Ndi Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (12/08/2018). Ajang ini di gelar dalam rangka menyambut dan memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

Rangkaian acara yang di mulai pada tanggal 4 Agustus 2018, dimulai dengan pameran 17 karya-karya Thomdean, kartunis yang telah menang berbagai lomba kartun internasional. Selain itu juga selama seminggu di gelar workshop menggambar di delapan Sekolah Dasar dengan dukung Karang Taruna Sidakangen, dan beberapa perusahaan lokal dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.

Selain itu, ada 500 buku yang dibagikan ke masyarakat. Seluruh buku itu digantungkan di 5 pohon "Pohon Ilmu" yang mewakili setiap sila Pancasila. Untuk bisa mengambil buku-buku dibuka sesi khusus di mana masyarakat menggunakan galah. Buku-buku bekas itu diperoleh dari anelinda.com dan para donatur pribadi.

Acara juga dimeriahkan dengan festival kuliner lokal dari masyarakat untuk masyarakat. Ada sekitar 10 jenis kuliner lokal yang dimasak oleh ibu-ibu Sidakangen. Masakan ini kemudian dibagikan ke anak-anak peserta lomba dan orang tuanya. Setelah dewan juri yang terdiri dari Martha Sri Rahayu (artis lokal), Imam Yunni (kartunis), dan Thomdean (kartunis) memutuskan pemenang untuk kategori anak TK, SD 1-3, SD 4-6, hadiah pun dibagikan.

Thomdean yang menggagas acara ini mengatakan, rencananya acara ini akan diadakan setahun sekali. Ia mengatakan, masyarakat antusias dan dapat mengembangkan bakat-bakat kreatif mereka. Para panitia yang merupakan Karang Taruna Desa Sidakangen kini percaya diri menghias desa dengan mural-mural. Desa Sidakangen kini meriah dengan murah di pos hansip, jalan, hingga tembok-tembok rumah.

(bon)
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak