alexametrics

Penyembelihan Hewan Kurban di Perumahan Telaga Sakinah Sangat Modern

  • Panitia dan warga dapat memantau proses penyembelihan hewan kurban hingga ke pembagian daging kurban melalui layar monitor serta gadget masing-masing.
  • Panitia mengemas daging kurban dengan Tupperware sehingga rapi dan memudahkan dalam pendistribusian.
  • Panitia Idul Adha dibantu warga memotong dan mengemas daging kurban.
  • Panitia Idul Adha dibantu warga memotong dan mengemas daging kurban.
  • Panitia Idul Adha dibantu warga memotong dan mengemas daging kurban di halaman Masjid Baitul Makmur, perumahan Telaga Sakinah, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019).

Panitia Idul Adha di Masjid Baitul Makmur, perumahan Telaga Sakinah, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, panitia mengelola hewan kurban dengan sistem modern.

Hal ini dimulai dari cara penyembelian, dilakukan dengan model penjegalan yang dikurung dengan kerangkeng besi sehingga memudahkan sapi untuk dijatuhkan. Cara ini mampu meredam gejolak tenaga sapi yang sangat kuat. Dengan sistem ini, lebih mudah untuk menyembelih sapi kurban.

Selain itu, panitia juga menerapkan sistem potong tulang dan daging yang terpisah. Untuk tulang dipotong dengan mesin pemotongan sehingga bisa mempercepat pekerjaan. Untuk pendistribusian daging, ternyata cukup menarik karena panitia mengemas pembagian daging dimasukkan ke dalam Tupperware sehingga terlihat rapi dan bersih.

Hal lain yang termasuk baru dalam pengelolaan kurban kali ini adalah panitia menggunakan sistem IT untuk memonitor hewan-hewan yang sudah dan belum di sembelih. Dengan sistem ini juga bisa dilihat berapa sapi yang sudah selesai diurus dari mulai penyembelian sampai membagi dagingnya.

Dengan penerapan teknologi seperti ini warga bisa melihat data hewan kurban melalui gadget masing masing, termasuk di layar monitor yang disediakan panitia.

Untuk tahun ini, panitia kurban menerima 22 ekor sapi, salah satunya sumbangan dari Bank BNI. Untuk kambing, panitia menerima 22 ekor dari warga komplek Telaga Sakinah.

(rat)
Sururi Alfaruq
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak