alexametrics

Menikmati Keindahan Pesona Wisata Pasangkayu

  • Keindahan Pantai Vova Sanggayu.
  • Wisatawan berselfie di Pantai Vova Sanggayu.
  • Wisatawan bermain ski air Pantai Vova Sanggayu.
  • Nama Pasangkayu berasal dari kata ?Vova dan Sanggayu?, menurut bahasa Kaili (Sulawesi Tengah) kata ?Vova? berarti sejenis kayu bakau yang tumbuh di tepi pantai atau laut, dan kata ?sanggayu? berarti satu batang atau satu pohon (sepohon), sehingga kedua kata tersebut jika digabung memiliki arti ?sebatang Kayu? atau ?sebatang Pohon Bakau?.
  • Masyarakat adat suku Bunggu yang masih dijaga kebudayaannya.
  • Keindahan Pantai Koa-Koa dengan pasir putihnya.
  • Salah satu landmark Kabupaten Pasangkayu, Jembatan Merah.
  • Mesjid Agung Al Madania Pasangkayu yang menjadi salah satu landmark Pasangkayu.
  • Perlombaan Balap Gerobak di Pantai Koa-Koa.
  • Kabupaten Pasangkayu yang dulu dikenal dengan Kabupaten Mamuju Utara adalah salah satu daerah kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, dengan Ibu Kota terletak di Pasangkayu. Nama Pasangkayu berasal dari kata ?Vova dan Sanggayu?, menurut bahasa Kaili (Sulawesi Tengah) kata ?Vova? berarti sejenis kayu bakau yang tumbuh di tepi pantai atau laut, dan kata ?sanggayu? berarti satu batang atau satu pohon (sepohon), sehingga kedua kata tersebut jika digabung memiliki arti ?sebatang Kayu? atau ?sebatang Pohon Bakau?.

Kabupaten Pasangkayu yang dulu dikenal dengan Kabupaten Mamuju Utara adalah salah satu daerah kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, dengan Ibu Kota terletak di Pasangkayu. Nama Pasangkayu berasal dari kata “Vova dan Sanggayu”, menurut bahasa Kaili (Sulawesi Tengah) kata “Vova” berarti sejenis kayu bakau yang tumbuh di tepi pantai atau laut, dan kata “sanggayu” berarti satu batang atau satu pohon (sepohon), sehingga kedua kata tersebut jika digabung memiliki arti “sebatang Kayu” atau “sebatang Pohon Bakau”. Nama awal “Vova Sanggayu” perlahan berubah dan diucapkan dengan kata “Pasanggayu” dan akhirnya berubah menjadi “Pasangkayu”. Nama Pasangkayu merupakan nama yang sudah lama dikenal dalam masyarakat Kabupaten Mamuju Utara khususnya dan Provinsi Sulawesi Barat pada umumnya, yang mempunyai nilai-nilai kesejahteraan, memperkukuhkan jati diri, mempertinggi harkat, dan martabat yang sarat dengan kearifan lokal. Bernilai kearifan lokal, destinasi wisata Pasangkayu menjadi potensi pariwisata yang menjanjikan. Sejumlah destinasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan seperti Mesjid Agung Al Madania Pasangkayu yang menjadi salah satu landmark Pasangkayu, Jembatan Merah, dan pengunjung dapat menikmati pemandangan indah di Pantai Vovasanggayu sembari bermain jetski. Pengunjung juga dapat melihat balap gerobak yang biasanya digelar di Pantai Koa-Koa. Pasangkayu juga memiliki masyarakat adat suku Bunggu yang masih dijaga kebudayaannya.

(rat)
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak