Warga Waduk Kedung Ombo Bertarung Hidup di Tengah Pandemi Covid-19

  • Pandemi Covid-19 dan musim kemarau tak menyurutkan semangat warga Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, untuk terus mengarungi luasnya Waduk Kedung Ombo demi bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Maklum saja, hampir 90 persen warga setempat menggantungkan hidupnya pada mata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir.
  • Warga saat membetulkan kapal di Waduk Kedung Ombo.
  • Mereka memanfaatkan puluhan karamba yang telah diserahterimakan oleh Regal Springs Indonesia (RSI) kepada masyarakat yang berada di sekitar Waduk Kedung Ombo.
  • Keberadaan karamba jaring apung ini diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan masyarakat sekitar dan mendorong pembudidaya ikan untuk mengadopsi budidaya ikan yang lebih bertanggung jawab.
  • Untuk diketahui, Waduk Kedung Ombo merupakan salah satu waduk besar yang ada di Indonesia. Waduk Kedung Ombo terletak di perbatasan tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali . Waduk Kedung Ombo dibangun pada tahun 1980 dan selesai pada 1991.
  • Selain sektor pariwisata, kawasan itu juga berkembang menjadi kawasan agribisnis. Para warga mengembangkan usaha perikanan darat dengan metode keramba. Selain itu, di tepi waduk para warga mengembangkan usaha pertanian buah-buahan dan sayur mayur.
  • Dari hasil perikanan, para warga membuka bisnis pemancingan dan warung makan yang menyajikan olahan makanan berbahan dasar ikan seperti ikan bakar atau ikan goreng yang mengundang selera para wisatawan.

Pandemi Covid-19 dan musim kemarau tak menyurutkan semangat warga Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, untuk terus mengarungi luasnya Waduk Kedung Ombo demi bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Maklum saja, hampir 90 persen warga setempat menggantungkan hidupnya pada mata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir.

Mereka memanfaatkan puluhan karamba yang telah diserahterimakan oleh Regal Springs Indonesia (RSI) kepada masyarakat yang berada di sekitar Waduk Kedung Ombo.

Keberadaan karamba jaring apung ini diharapkan bisa mendukung ketahanan pangan masyarakat sekitar dan mendorong pembudidaya ikan untuk mengadopsi budidaya ikan yang lebih bertanggung jawab

Untuk diketahui, Waduk Kedung Ombo merupakan salah satu waduk besar yang ada di Indonesia. Waduk Kedung Ombo terletak di perbatasan tiga kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali . Waduk Kedung Ombo dibangun pada tahun 1980 dan selesai pada 1991.

Selain sektor pariwisata, kawasan itu juga berkembang menjadi kawasan agribisnis. Para warga mengembangkan usaha perikanan darat dengan metode keramba. Selain itu, di tepi waduk para warga mengembangkan usaha pertanian buah-buahan dan sayur mayur.

Dari hasil perikanan, para warga membuka bisnis pemancingan dan warung makan yang menyajikan olahan makanan berbahan dasar ikan seperti ikan bakar atau ikan goreng yang mengundang selera para wisatawan.

(sra)
Top