Menyusuri Hamparan Pasir, Menyapa Indahnya Pantai Kuta Mandalika

  • Foto aerial memperlihatkan suasana keindahan Pantai Kuta Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
  • Pantai Kuta Lombok Mandalika ini merupakan objek wisata yang menawarkan kejernihan air dengan terumbu karang di permukaan laut.
  • Hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer.
  • Jika dilihat dari ketinggian, pantai ini memiliki nuansa tersendiri sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam Indonesia.
  • Di sisi Barat, tedapat Bukit Mandalika yang indah.
  • Selain keindahan alam, berbagai macam fasilitas olahraga air seperti banan boat dan windsurfer juga menjadi daya tarik objek wisata ini.
  • Wisatawan berfoto dengan latar belakang pemandangan Pantai Kuta Mandalaika



Ini adalah foto aerial suasana Pantai Kuta Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Kuta Lombok Mandalika ini merupakan objek wisata yang menawarkan kejernihan air dengan terumbu karang di permukaan laut. Hamparan pasir yang bersih dan putih membentang luas sepanjang 7,2 kilometer.

Di sisi Barat, tedapat Bukit Mandalika yang indah. Jika dilihat dari ketinggian, pantai ini memiliki nuansa tersendiri sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain keindahan alam, berbagai macam fasilitas olahraga air seperti banan boat dan windsurfer juga menjadi daya tarik objek wisata ini.

Nama Mandalika diambil dari cerita legenda masyarakat setempat, yaitu seorang putri yang sangat cantik bernama Mandalika. Menurut kisah, putri Mandalika yang cantik jadi incaran banyak pemuda, bahkan pangeran. Namun, Putri Mandalika tak mau menerima satupun pinangan para pemuda tersebut. Ia memilih melompat ke laut dari bukit tersebut.



Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut dipercayai oleh masyarakat sekitar menjelma menjadi sosok cacing laut yang dinamakan Nyale. Pada saat-saat tertentu, terdapat banyak cacing Nyale yang muncul ke permukaan laut hingga ke pantai.

Kondisi ini terjadi satu tahun sekali. Bertepatan dengan itu, kemudian digelar festival yang diadakan untuk menghormati cacing-cacing tersebut. Oleh masyarakat sekitar, cacing-cacing ini diolah menjadi hidangan makanan yang lezat sebagai rasa terima kasih kepada Putri Mandalika. Festival Nyale pun kini menjadi momen yang ditunggu oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi Pantai Kuta Lombok Mandalika dekat dengan Bandara Internasional Lombok. Yakni hanya sekitar 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok. Penasara? Kunjungi segera, dan tetap patuhi protokol kesehatan.

(rat)
Top